ALASAN CYBER CRIME BANYAK MENYERANG BISNIS KECIL DAN BAGAIMANA SOLUSINYA ?


ALASAN CYBER CRIME BANYAK MENYERANG BISNIS KECIL DAN BAGAIMANA SOLUSINYA ?

Bisnis kecil memiliki karakteristik yang berbeda dibandingkan dengan bisnis perusahaan skala menengah dan besar. Serangan cyber crime tidak memandang ukuran, traffic, maupun seberapa viral website perusahaan Anda berkembang.

Berikut sebab dan akibat seorang hacker profesional maupun amatir menyerang sebuah bisnis perusahaan dengan skala kecil :

 

1.Modal Bisnis Terbatas

 

Pembagian anggaran bisnis kecil hanya berfokus pada pembiayaan internal bisnis sehingga pengelolaan infrastruktur IT hardware dan software kurang berkembang. Padahal, pada era digitalisasi seperti saat ini, bisnis kecil membutuhkan website sebagai akses guna mengembangkan pemasaran yang lebih luas. Digitalisasi sebuah data harus dilakukan agar mudah untuk melakukan audit dan dapat dipertanggungjawabkan oleh perusahaan agar dapat balik modal.

 

2.Software Tidak Pernah Diupgrade

Biaya pemeliharaan software yang tidak murah menjadi permasalahan mengapa bisnis kecil tidak memperbarui software yang dimiliki. Banyak bisnis kecil yang menganggap tidak perlu melakukan pembaruan setelah membeli sebuah domain atau pemeliharaan website. Selain itu, tidak adanya edukasi terhadap karyawan dengan baik juga menjadi persoalan selanjutnya bisnis kecil yang rentan terhadap serangan cyber crime.

 

3.Akses Pelindungan yang Tidak Ketat

Keamanan yang hanya mengandalkan password sangat mudah diretas. Begitu pula website yang mengandalkan satu sistem keamanan saja membuat bisnis kecil tidak mampu menghadapi serangan cyber crime. Akses jaringan sistem yang tidak terstruktur dan tidak bervariasi ini menyebabkan bisnis kecil sangat mudah diretas.

 

4.Dijadikan Uji Coba Bagi Hacker Pemula

Dengan keamanan yang tidak terlalu ketat, website bisnis perusahaan kecil seringkali digunakan sebagai percobaan pengalaman bagi seorang hacker pemula untuk menjadi hacker profesional yang tidak ada tujuan khusus bagi seorang hacker guna meretas sebuah website.

 

5.Ketidakpedulian terhadap sistem keamanan

Seringnya perusahaan dengan bisnis skala kecil tidak menempatkan keamanan informasi sebagai faktor terpenting dalam kebutuhan IT. Jika perusahaan bisnis skala kecil lebih peduli untuk tingkat keamaanan sebuah sistem yang digunakan, maka sistem yang diretas oleh hacker bisa diminimalisir.

Beberapa solusi yang dapat diterapkan oleh seorang pelaku bisnis kecil agar terhindar dari serangan cyber diantaranya adalah sebagai berikut :

 

1.Sisihkan anggaran lebih untuk keamanan informasi

Dengan memberikan anggaran khusus untuk keamanan informasi, merupakan sebuah investasi yang nantinya akan menguntungkan perkembangan perusahaan itu sendiri. Selain bebas dari serangan cyber, juga dapat memudahkan perusahaan di berbagai hal misalnya, ekspansi pasar yang lebih luas, serta memahami perilaku konsumen.

 

2.Gunakan Tambahan Aplikasi

Perkuat password Anda dengan menggunakan berbagai macam aplikasi yang tersedia, misalnya password generator yang dirancang guna membuat password lebih kuat dan aman dari serangan cyber crime. Dengan menggunakan aplikasi tambahan password generator akan mempermudah Anda memiliki password yang sulit untuk dipecahkan oleh hacker.

 

3.Update semua infrastruktur hardware maupun software

Memperbarui sistem merupakan satu-satunya cara untuk terus meningkatkan kinerja dalam keamanan sebuah sistem. Diera digital seperti ini tidak hanya sistem keamanan yang berkembang, namun peretasan dan perkembangan virus juga mengalami perkembangan. Maka dari itu jangan ragu guna memperbarui suatu sistem, karena itulah kewajiban yang dapat menyelamatkan data serta informasi perusahaan Anda.

 

4.Lakukan backup semua data secara rutin dan berkala

Layanan cloud computing telah menjadi solusi bagi perusahaan Anda untuk solusi backup sebuah data. Metode konvensional yang masih menyimpan data pada penyimpanan komputer, hardisk, flashdisk dan semacamnya lebih rentan hilang dan rusak. Dengan adanya backup, Anda dapat lebih mudah terkoneksi dengan berbagai layanan kemudahan. Karena Anda tidak pernah bisa memprediksi kapan serangan cyber crime dapat terjadi pada perusahaan maupun website Anda, maka backup lah data-data guna informasi perusahaan sebelum hal tersebut terjadi.

Itulah akibat dan solusi jika cyber crime banyak menyerang bisnis perusahaan Anda. Dengan mempercayakan provider penyedia jasa layanan managed service terbaik, cara ini dapat digunakan untuk mengontrol, mengawasi dan memberikan solusi yang terbaik bagi perusahaan guna keperluan sistem IT perusahaan Anda, agar selalu aman terhindar dari serangan cyber crime.








Posted 2018-09-12 14:47 by Marcomm Gmedia Share
  news