TIPS AMAN BERSELANCAR INTERNET DENGAN LAYANAN WIFI PUBLIK


TIPS AMAN BERSELANCAR INTERNET DENGAN LAYANAN WIFI PUBLIK

Maraknya layanan berbagai paket hosting ISP memberikan banyak manfaat untuk aktivitas digital Anda, terlebih jika memiliki bisnis toko online. Disisi lain, Anda diharuskan untuk selalu bijak saat mengakses server hosting agar terhindar dari berbagai ancaman yang merusak sistem komputer Anda.

 

Berikut berapa hal dibawah ini dapat Anda lakukan agar aman saat mengakses internet melalui WiFi publik :

 

1.Tingkatkan Keamanan Perangkat

Sebelum menggunakan akses WiFi publik, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah meningkatkan keamanan ke dalam perangkat laptop Anda. Dengan cara melakukan beberapa langkah seperti menonaktifkan fitur computer sharing agar orang lain tidak dapat mengakses data di dalam perangkat saat menggunakan jaringan WiFi yang sama. Bagi Anda pengguna OS Windows, Anda dapat masuk ke menu control panel, kemudian klik network and Internet. Setelah itu, buka pilihan choose homegroup and sharing option untuk mematikan fitur sharing. Sementara, Anda pengguna Mac OS X, Anda dapat masuk ke menu system preferences, pilih sharing dan hapus semua centang yang ada didalamnya. Kemudian instal aplikasi anti-virus terbaik pada gadget Anda guna update secara berkala. Lakukan juga full scanning secara berkala pada sistem Anda agar keamanan data Anda selalu terjamin.

 

2.Pergunakan Jaringan yang Dikenal Secara Bijak

Saat menggunakan jaringan WiFi publik di sebuah kafe atau restoran, hindari penggunaan WiFi secara asal. Tanyakan terlebih dulu pada pengelola mengenai jaringan yang disediakan khusus untuk para pelanggan. Dengan menggunakan akses WiFi yang jelas, Anda dapat menghindari jebakan WiFi yang menggunakan nama yang mirip, sehingga menghindari ancaman hacker yang akan menyerang perangkat Anda. Jangan biarkan gadget Anda otomatis tergabung dengan hotspot terbuka yang ada di sekitar, walaupun itu adalah tempat nongkrong yang familiar bagi Anda. Biasakan melakukan hal tersebut dengan cara memilih forget this network pada settings WiFi agar Anda tidak otomatis login kembali di sana. Hindari juga melakukan online banking atau membuat transaksi di hotspot publik. Tunda hal tersebut di jaringan yang lebih aman seperti saat Anda mengakses internet di kantor ataupun rumah, dimana hotspot-nya private dan terkunci.

 

3.Gunakan HTTPS

Menggunakan HTTPS/SSL juga dapat mengamankan data Anda dari hacker. Itulah mengapa situs perbankan, government, corporate situs yang memuat data penting di dalamnya menggunakan HTTPS. Ketika Anda memasukkan data pribadi Anda di sebuah website, pastikan halaman tersebut menggunakan HTTPS. Situs ini biasanya ditandai dengan kunci berwarna hijau di awal URL-nya. Selain itu, Anda juga dapat memasang add-on pada browser yang nantinya akan bekerja untuk mengenkripsi data keamanan Anda.

 

4.Aktifkan Firewall

Firewall dapat mengawasi koneksi internet yang masuk maupun keluar. Walaupun proteksi yang diberikan Firewall tidak secara menyeluruh, namun Firewall dapat membantu Anda menggunakan WiFi publik dengan aman. Untuk mengaktifkannya, masuklah ke Control Panel, klik Windows Firewall, lalu klik Turn Windows Firewall On atau Off. Selanjutnya, lakukan verifikasi bahwa Windows Firewall aktif dengan memasukkan kata sandi dari administrator Anda.

 

5.Ubah Koneksi dengan VPN (Virtual Private Network)

Langkah berikutnya adalah dengan mengubah koneksi dengan VPN (Virtual Private Network) dengan memasang sejumlah program seperti Hotspot Shield atau Open VPN. Kedua program tersebut bekerja untuk mengubah IP address menjadi anonim, mengenkripsi semua situs yang memuat data penting menjadi HTTPS, tips ini digunakan untuk melindungi perangkat Anda dari malware, phishing, spam, dan situs berbahaya lainnya, serta mengaktifkan keamanan Wi-Fi guna mencegah hacker mencuri informasi pribadi Anda.

 

Itulah 5 tips aman menggunakan layanan wifi publik. Selain dapat mengamankan data yang tersimpan ke dalam perangkat, langkah tersebut dapat mencegah berbagai virus yang akan masuk ke dalam website saat memasukan data melalui server.



Posted 2018-09-10 15:56 by Marcomm Gmedia Share
  news