AI Dapat Diterapkan Untuk Membantu Salesperson dan Meningkatkan Penjualan


AI Dapat Diterapkan Untuk Membantu Salesperson dan Meningkatkan Penjualan

Dalam laporan terbaru berjudul 'AI Guided Selling’, Gartner menemukan bahwa pandemi COVID-19 telah membuat banyak penjualan lengah. Perkiraan yang direvisi turun 50% dari perkiraan dasar sebelumnya. Banyak tim penjualan mencari cara untuk memodernisasi proses internal dan eksternal untuk meningkatkan konversi dan akurasi dalam forecasting.

 

Artificial Intelligence (AI) adalah penerapan metode Machine Learning (ML) dan Natural Language Processing (NLP) untuk menganalisis histori penjualan dan data historis, untuk membuat prediksi dan rekomendasi yang akan membantu penjualan. AI dapat membantu di setiap tahap siklus hidup penjualan, melalui Prospek, MQL, SQL, dealing, dan bahkan setelah berhasil upselling.

 

Namun, saat ingin menerapkan AI dalam proses penjualan perlu disadari bahwa tidak semua bagian yang menerapkan AI berhasil, umumnya gagal karena alasan berikut:

  • Ambisi besar di awal
  • Komunikasi yang buruk
  • Kurangnya data

Artificial Intelligence (AI) merupakan teknologi yang hadir untuk memberikan kemudahan bagi salesperson untuk mengelola data. Dalam dunia sales, data tersebut dapat berupa data-data pelanggan, riwayat pelanggan serta data-data lain yang berawal dari perusahaan sendiri. Seperti data strategi marketing maupun strategi penjualan.

 

Berikut adalah beberapa manfaat-manfaat yang akan didapatkan oleh perusahaan maupun salesperson yang mendapat bantuan AI dalam mengelola data

 

  • Pengolahan kompleksitas data yang lebih besar

 

Landasan utama dalam program AI adalah untuk pengolahan data yang lebih mudah. AI dapat memprediksi penjualan dengan baik apabila perusahaan menggabungkan data dalam satu tempat seperti pada sebuah platform CRM. Semakin tinggi kompleksitas data bukan berarti AI dapat mengolah data tersebut dengan baik. Tetapi, bagaimana kualitas data itu sendiri yang akan membantu AI mengolah data dan menghasilkan prediksi yang lebih akurat untuk sales.

Dalam penjualan, AI akan memberikan peran besar bagi perusahaan dan tim sales dengan melihat volume dan kualitas data yang disimpan. Ketika perusahaan menyimpan data tidak berkualitas pada CRM, AI pun juga hanya akan memberikan dampak kecil. Artinya, AI akan bekerja maksimal apabila ada peran dari perusahaan maupun tim untuk memperbaiki kualitas data yang dimiliki. Jika perusahaan menganggap AI dapat melakukannya sendiri, maka perusahaan tidak akan pernah mendapatkan manfaat dari implementasi AI untuk penjualan.

 

  • Rekomendasi tindakan yang harus dilakukan

 

AI dilengkapi dengan teknologi analisa prediktif yang akan bermanfaat untuk membantu tim sales mengambil tindakan untuk prospek maupun pelanggan. Salah satu fungsi ini juga dimiliki oleh platform CRM, hanya saja, untuk kapasitas data yang lebih besar, perusahaan perlu menjadikan AI sebagai alat yang tepat untuk memaksimalkan hasil prediksi yang lebih akurat.

 

  • Meningkatkan produktivitas tim sales

 

Karena pengolahan data sudah dilakukan oleh sistem AI dan juga dukungan dari platform CRM, tim sales dapat lebih fokus pada pengembangan prospek. Artinya, tim sales dapat bekerja lebih cepat karena mereka tidak perlu lagi mengolah data secara manual. Salesperson hanya perlu fokus untuk menemukan prospek yang berkualitas dan memperbaiki kualitas data yang akan mereka masukkan pada sistem.

 

GMEDIA tak hanya sebagai penyedia jaringan internet stabil siap sedia 24 jam, melainkan sebagai Solution Service Provider yang menyediakan segala kebutuhan IT bisnis Anda. baik itu data center, VPS, hosting, hingga kustomisasi pembuatan aplikasi berbasis IT salah satunya adalah pengembangan aplikasi menggunakan AI. Membutuhkan konsultasi pembuatan aplikasi berbasis AI? 

 

 

Posted 2021-09-14 08:27 by Marcomm Gmedia Share
  news