Artificial Intelligence (AI) Sangat Membantu Proses Bisnis, Mengapa?


Artificial Intelligence (AI) Sangat Membantu Proses Bisnis, Mengapa?

Tak ada yang bisa menghentikan arus perkembangan teknologi yang kini semakin canggih. Manusia seolah semakin bergantung dengan teknologi serba digital, termasuk untuk urusan bisnis. Pemanfaatan kecerdasan artifisial (artificial intelligence/AI) diyakini akan meningkatkan efisiensi, produktivitas bisnis, serta mendorong inovasi di berbagai sektor. Pemanfaatannya diarahkan untuk membantu pemulihan ekonomi nasional. 

 

Saat ini ada banyak contoh Artificial Intelligence (AI) yang secara terang-terangan digunakan dalam bisnis dan terbukti meningkatkan omset para pengusaha.

Di Indonesia, pertumbuhan teknologi AI, atau dikenal juga sebagai kecerdasan buatan, terlihat pada sektor bisnis online, seperti e-commerce, online shop, perbankan, dan operator jaringan seluler. Ya, jenis usaha apa pun dapat memanfaatkan teknologi AI. 

Manfaat Penggunaan AI dalam Bisnis

Sebelum membahas apa saja contoh Artificial Intelligence dalam bisnis sehari-hari, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu manfaat teknologi yang satu ini. Sebagai sistem komputer yang bisa bekerja dan bertindak layaknya manusia dalam melakukan pemecahan masalah, AI memang jadi solusi untuk bisnis masa depan. Berikut beberapa fungsi AI yang luar biasa:

 

  • Otomasi Proses Bisnis

 

Dalam setiap bisnis, tentu terdapat pencatatan inventaris. Baik untuk bahan baku, hasil produksi, atau kebutuhan kantor, jika dilakukan secara manual maka akan wasting time. Akan berbeda jika menggunakan software bisnis berkonsep AI. Misalnya saja seperti inventory tracking. Dengan bantuan AI dalam pencatatan barang milik kantor tersebut, Anda bisa memeriksanya secara otomatis. Tentunya ini lebih efektif dan efisien. Sebab, seluruh data terintegrasi, mulai dari stok di gudang, penjualan, dan barang masuk.

 

  • Mengurangi Human Error

 

Seteliti apapun manusia dalam melakukan pencatatan, tetap bisa melakukan kesalahan. Nah, untuk mengurangi human error, beberapa contoh Artificial Intelligence yang bisa Anda gunakan adalah face recognition, fingerprint detector, hingga barcode identification. AI akan membantu mengurangi kesalahan, entah dalam pencatatan penjualan atau pembelian bahan baku.

 

  • Kinerja Bisnis Meningkat

 

Bisnis yang berkualitas terlihat dari produktivitas yang dimiliki. Setiap pemilik usaha tentu memiliki target tersendiri mengenai pencapaian bisnis. Dengan memanfaatkan kecerdasan buatan dalam bisnis, seperti penggunaan mesin produksi yang canggih, tentu produk yang dihasilkan akan meningkat. Ketika produksi meningkat, omzet bisa semakin besar.

 

Artificial Intelligence untuk Kebutuhan Bisnis

 

  • Inventory Monitoring

 

Ingin proses bisnis berlangsung lebih efektif tanpa perlu repot memantau ketersediaan barang secara manual? Inventory monitoring adalah contoh penggunaan AI terbaik yang bisa dipilih. Dengan bantuan kecerdasan buatan, pemantauan stok barang bisa berlangsung lebih teliti dan akurat, dan data yang disajikan real time, sehingga proses produksi berjalan lancar dan tak ada kekosongan.

 

  • Data Mining

 

Contoh Artificial Intelligence yang berikutnya adalah penggunaan data mining. Melalui pengumpulan data yang diolah melalui machine learning, Anda bisa mengetahui apa saja produk yang laris, disukai konsumen, hingga yang sebaliknya. Dengan cara ini, berbagai target penjualan dan strategi marketing bisa sangat terbantu.

 

  • Aplikasi CRM

 

Aplikasi customer relationship management (CRM) memungkinkan pemilik bisnis bisa melakukan pengelolaan mendalam terhadap pelanggan, karena bertindak sebagai sistem manajemen penjualan. Melalui aplikasi CRM, penjualan bisa dipantau lebih detail, termasuk urusan operasional, logistik hingga tim administrasi, dan MSDM.

 

  • Customer Recommendations

 

Calon konsumen kadang mengalami kebingungan dalam menentukan produk yang hendak dibeli. Agar pengalaman berbelanja lebih efektif, keberadaan customer recommendations sangat membantu. Teknologi AI ini membantu menentukan produk yang tepat untuk konsumen berdasarkan variabel lokasi, usia, jenis kelamin, sampai mengetahui minat calon konsumen.

Ketika seluruh data sudah terkumpul, maka akan ditemukan produk, atau layanan apa yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Semua proses bisnis menjadi lebih singkat, efisien, dan efektif berkat Artificial Intelligence.

 

  • Layanan Pengiriman

 

Sejak pandemi Covid-19 berlangsung, masyarakat lebih memilih belanja online, dan melakukan pengiriman barang. Sudah banyak teknologi logistik masa depan yang memungkinkan proses pengiriman barang lebih cepat dan aman berkat keberadaan AI.

 

Tentunya masih banyak contoh Artificial Intelligence yang bisa digunakan dalam bisnis. Hanya saja Anda bisa mulai menggunakan dari yang paling sederhana, seperti data mining, inventory monitoring, hingga aplikasi CRM terlebih dulu. Dengan begitu bisnis yang dikelola bisa berjalan lancar  dan efektif hingga membuat omzet semakin meningkat.

GMEDIA tak hanya sebagai penyedia jaringan internet stabil siap sedia 24 jam, melainkan sebagai Solution Service Provider yang menyediakan segala kebutuhan IT bisnis Anda. baik itu data center, VPS, hosting, hingga kustomisasi pembuatan aplikasi berbasis IT. ingin konsultasi pembuatan aplikasi berbasis AI? 

Posted 2021-09-07 10:01 by Marcomm Gmedia Share
  news