Tips Untuk Lebih Aman Menggunakan Mobile Banking!


Tips Untuk Lebih Aman Menggunakan Mobile Banking!

Pada tahun 1994, Pendiri Microsoft, Bill Gates pernah berkata, “Perbankan itu perlu untuk manusia, tapi bank tidak,” Untuk saat itu, statemen ini sempat membuat banyak orang bingung, terlebih istilah financial technology atau fintech belum populer pada saat itu. Tentunya orang-orang akan sulit membayangkan jika suatu saat nanti, bank benar-benar tidak ada lagi.

 

Namun seiring berjalannya waktu dan teknologi yang berkembang, kita bahkan tidak perlu repot untuk menunggu antrian teller, menyiapkan berkas-berkas dokumen untuk dibawa ke bank, dan hal-hal lainnya untuk menyimpan uang. Fintech telah mengambil alih sebagian besar aktivitas keuangan bagi kita. 

 

Masyarakat pun menyambut dengan baik karena fintech dinilai lebih praktis, dan mudah untuk digunakan sebagai alat pembayaran. Namun tentu saja, dibalik sebuah sistem yang dianggap mumpuni, pasti selalu ada celah-celah tertentu untuk “merampok bank” pada zaman modern seperti saat ini.,

 

Buat kamu yang mungkin masih baru pertama kali menggunakan fintech, e-money, mobile banking dan sejenisnya, berikut beberapa tips buat kamu untuk dapat diterapkan demi keamanan akun tabungan kamu!

 

 

  • Hindari menyimpan informasi login 

 

Ketika kamu mencoba mengunjungi web tertentu dan melakukan login ke akunmu, beberapa situs web akan memberi opsi untuk menyimpan informasi login untuk penggunaan di masa mendatang. Hal ini bisa berisiko, terlebih jika perangkat atau HP mu jatuh ketangan orang lain, maka mereka bisa mendapat akses ke rekening bank milikmu. Untuk  mencegah hal ini terjadi, kamu bisa mengatur untuk tidak menyimpan informasi login dan menerapkan batasan waktu untuk login kembali secara berkala. Walaupun sedikit merepotkan, namun lebih aman lebih baik bukan? 

 

 

  • Gunakan kata sandi yang kuat dan sering-seringlah mengubahnya

 

Penggunaan kombinasi kata sandi yang rumit juga bisa sangat membantu keamanan akunmu. Bagaimana bisa? perlu kamu tahu bahwa beberapa peretas menggunakan alat untuk memanipulasi password dengan banyak percobaan. Untuk itu, memasang password yang rumit dengan panjang minimal 10 karakter, dengan kombinasi angka, simbol dan huruf, akan sangat merepotkan bagi peretas untuk menebak kata sandimu bahkan dengan software pembobol tercanggih milik mereka.

 

 

  • Gunakan autentikasi dua faktor  

 

Kamu tentu pernah mendengar hal ini bukan? Iyap, upaya ini bisa kamu lakukan juga untuk penjagaan yang berlapis pada akunmu. Autentikasi dua faktor adalah tingkat keamanan berikutnya yang sekarang ditawarkan banyak bank. Biasanya, Kamu akan diminta memberikan nomor telepon kepada bank,  dan dari nomor telepon yang kamu berikan itu, akan dikirimkan kode verifikasi untuk dapat login.

 

Beberapa bank juga menawarkan pilihan untukmu barangkali ingin melakukan verifikasi via   email atau panggilan telepon. Kamu harus memasukkan kode ini selain password-mu  untuk masuk. Dengan cara ini, meskipun seseorang telah mencuri kata sandimu, mereka tidak dapat mengakses akun karena diharuskan melakukan autentikasi dua faktor. 

 

 

  • Selalu ketik sendiri alamat web bank  

 

Dengan mengetik sendiri alamat lengkap dari bank yang kamu gunakan, kamu bisa menghindari resiko terkena link phising yakni alamat yang justru akan membawamu ke situs palsu, dan akan merekam informasimu disitu. Lebih hati-hati dan detail sangat membantumu untuk terhindar dari cybercrime.

 

 

  • Selalu awasi aktivitas dan mutasi rekeningmu

 

Cara lainnya yang bisa kamu gunakan untuk keamanan rekeningmu, yakni dengan rutin memeriksa saldo dan riwayat transaksi secara teratur. Hal ini agar kamu bisa memastikan uangmu tidak hilang menuju tempat yang kamu tidak ketahui. Jika kamu menyadari ada hal yang tidak beres dan aktivitas yang mencurigakan di akunmu, segera ubah kata sandi, dan segera hubungi call center bank yang kamu gunakan.

 

Wa;ai cara ini kurang efisien untuk menghindarkan dari kejahatan (kamu hanya tau ketika sudah tertimpa masalah) tapi tak ada salahnya untuk dicoba, setidaknya kamu bisa memberikan bukti-bukti yang kuat untuk melaporkan hal ini pada bankmu. 

 

 Jangan pernah akses mobile banking-mu dengan WiFi ditempat umum

Sambungan koneksi internet di tempat publik seringkali kamu tidak ketahui apakah mereka mengakses aktivitasmu atau tidak. Dengan menggunakan WiFi di tempat umum, peretas dapat lebih mudah mengakses handphone atau perangkatmu dan mencuri informasi pribadimu. 

 

Tentunya akan berbahaya bila seseorang bisa mengetahui password akun rekeningmu, dan informasi lainnya sehingga dapat disalahgunakan. Maka dari itu, sangat disarankan untukmu hanya menggunakan sambungan internet terpercaya atau  jaringan Wi-Fi yang kamu rasa aman. Tentunya, cara paling aman tetaplah menggunakan koneksi data ponselmu sendiri. 

 

 

  • Jangan pernah akses mobile banking-mu dengan WiFi ditempat umum

 

Yang terakhir dan yang terpenting, Sambungan koneksi internet di tempat publik seringkali kamu tidak ketahui apakah mereka mengakses aktivitasmu atau tidak. Dengan menggunakan WiFi di tempat umum, peretas dapat lebih mudah mengakses handphone atau perangkatmu dan mencuri informasi pribadimu. 

 

Tentunya akan berbahaya bila seseorang bisa mengetahui password akun rekeningmu, dan informasi lainnya sehingga dapat disalahgunakan. Maka dari itu, sangat disarankan untukmu hanya menggunakan sambungan internet terpercaya atau  jaringan Wi-Fi yang kamu rasa aman. Tentunya, cara paling aman tetaplah menggunakan koneksi data ponselmu sendiri. 

 

Selain menggunakan data pribadimu, kamu juga bisa mempercayakan layanan internetmu pada GMEDIA! ISP dengan server yang private, akan menjamin layanan internetmu sangat aman dan tentunya lancar dengan kecepatan yang stabil. Yuk segera berlangganan GMEDIA, karena kami menyediakan layanan 24 jam dan instalasi yang akan cepat kami layani!

Posted 2021-07-15 11:54 by Marcomm Gmedia Share
  news