Mengenal Kejahatan Di Internet: Phising itu apa?


Mengenal Kejahatan Di Internet: Phising itu apa?

Kejahatan di internet atau cybercrime kini semakin marak terjadi disertai dengan kehidupan dan kebutuhan kita yang semakin banyak berlangsung di dunia maya. Beberapa diantaranya yakni hacking, cracking, carding dan salah satunya yang mungkin kamu dengar, yakni phising. Mungkin kamu pernah menjadi sasaran sms yang menawarkan hadiah grand prize, atau tawaran pesugihan cepat kaya, ya, itulah phising!

 

Phishing adalah jenis serangan siber khusus yang digunakan untuk mendapatkan akses ke data sensitif mu, seperti alamat, informasi pribadi, kata sandi, info login, dan bahkan informasi pribadimu di bank. Pada umumnya, para korban akan dihubungi melalui email, pesan teks atau telepon dan ditipu untuk menyerahkan sejumlah uang dengan ancaman tertentu.

 

Istilah phishing bisa disebut mirip-mirip dengan kata fishing yang berarti memancing.  Cara kerjanya yakni pelaku kejahatan bisa membuat sebuah website yang mengumpulkan data berupa form, bahkan pernah ada beberapa karyawan perusahaan yang meminta data para pelanggannya, seperti kata sandi, nomor kartu kredit dll. Ini lah yang disebut dengan memancing informasi sehingga para korban tidak sadar telah menyerahkan informasi rahasia mereka yang akan disalah gunakan.  

 

Apa yang didapat dari pelaku phishing?

Uang. Atau akses ke email Anda untuk lebih jauh mengancam kamu. Setelah penjahat dunia maya memiliki akses ke email mu, mereka dapat mengirim email dari alamat mu ke kontak mu yang lain untuk menipu mereka. 

 

Pelaku juga dikenal menarget orang-orang penting dan memiliki pengaruh. Dia bisa menggunakan panggilan telepon dan email, berpura-pura menjadi orang tersebut dengan rayuan meminta transfer, atau memesan barang-barang tertentu demi mendapat keuntungan pribadi.

 

Phishing sudah menjadi kejahatan dunia maya yang paling umum, dan menjadi semakin umum dan canggih. Pada tahun 2020, FBI mencatat 241.342 kasus phishing, lebih dari dua kali lipat dari kejahatan dunia maya yang lainnya seperti hacking dan carding. Kejahatan ini selalu ada sejak dulu karena selalu berkembang dengan cara yang semakin modern dan semakin meyakinkan. 

 

Apa saja jenis serangan phishing yang berbeda?

 

 

  • Spam Email dan Sms 

 

Seringkali kejahatan phising juga dilakukan dengan cara mengirim spam ke ratusan ribu orang dengan email atau sms untuk mengelabui penerima yang paling mudah tertipu. 

 

Tetapi ada juga versi yang lebih bertarget yang disebut serangan spear phishing, dimana mereka menetapkan target yang paling sesuai untuk ditipu. Ini mungkin melibatkan penyerang cyber yang melakukan penelitian tentang individu atau perusahaan untuk membuat pesan mereka lebih dapat dipercaya. 

 

 

  • Web Penipuan

 

Email dan sms yang kamu dapatkan, selain berisi tentang hal yang disebutkan diatas, juga seringkali menyertakan link yang mengirim kamu ke situs web penipuan yang sering kali namanya dibuat mirip dengan situs web terkenal sehingga membuatmu lebih terpengaruh. 

 

Situs web ini kemudian akan memintamu untuk login. Kamu tentunya akan mengetik username dan passwordmu untuk masuk, padahal web ini didesain untuk merekam data rahasia yang kamu masukkan dan  akan membahayakan akunmu. Bisa jadi pula website ini meminta beberapa informasi sensitif lainnya atau bahkan mungkin meminta pembayaran untuk barang atau jasa yang tidak akan pernah diberikan.

 

 

Bagaimana cara mencegah phising?

 

  • Berhati-hati

 

Untuk menghindari phising, sebenarnya hanya harus tetap berhati-hati dan waspada pada semua hal asing di internet. Karena phising metodenya dapat terus berkembang, tiap kali ditemukan alat atau cara untuk mengantisipasi phising,para pelaku phising para phisher  pasti akan mempelajari cara untuk membobol sistem tersebut. 

 

Kamu bisa menjaga keamanan dengan menerapkan kehati-hatian yang lebih, seperti pada situs yang membuatmu harus login, pastikan situs tersebut resmi dan domainnya tidak mencurigakan. atau ketika seorang yang mengaku customer service dari bank yang kamu gunakan tiba tiba menelpon untuk meminta informasi rahasia, jangan serta merta segera menyerahkan datamu,kepada mereka.   

 

 

  • Waspadai kata yang umum dan tidak personal

 

Kamu juga harus waspada terhadap email yang menyebut Anda sebagai "pelanggan yang berharga", "teman", atau "rekan kerja" daripada menyebut Nama mu langsung, itu bisa menjadi tanda bahwa pesan tersebut tidak ditujukan hanya untukmu namun untuk banyak orang. Demikian juga, ejaan dan tata bahasa yang buruk, atau gambar berkualitas rendah menjadi tanda peringatan buatmu. 

 

 

  • Pesan dengan kesan mendesak

 

Email dengan perasaan mendesak, menuntut tanggapan yang tergesa-gesa dan meminta uang atau data harus diperlakukan dengan hati-hati. Bila memungkinkan, Kamu harus memverifikasinya melalui media lain sebelum mengambil tindakan apapun.

 

Demikian info yang bisa kita ketahui terkait phising. Semoga dapat bermanfaat dan dapat menghindarkan kamu dari kejahatan didunia maya. Hal yang kamu perhatikan juga awasi penggunaan wifi tempat umum yang kamu gunakan, karna layanan internet dapat merekam aktivitas penggunanya, dan berbahaya khususnya bila kamu mengakses internet banking atau situs rahasia lainnya.

 

 Bila tidak mendesak, hanya gunakan layanan internet terpercaya seperti yang ditawarkan GMEDIA, dengan private server, kamu tidak perlu khawatir akan peretasan karna ISP kami memiliki fitur keamanan yang handal. Segera berlangganan di GMEDIA untuk keamanan aktivitas internetmu!

Posted 2021-07-06 10:59 by Marcomm Gmedia Share
  news