Secepat Apakah Teknologi Internet 5G?


Secepat Apakah Teknologi Internet 5G?

Terobosan di dunia teknologi kembali terjadi, setelah 10 tahun dimana teknologi 4G dirilis, di awal 2019 teknologi internet 5G sudah diperkenalkan pada publik.

Dengan perkembangan yang terus dilakukan di setiap generasi jaringan internet, generasi ke 5 ini digadang-gadang menjadi terobosan terbesar bagi dunia teknologi dengan keunggulan pada latensi yang jauh berkurang, kapasitas jaringan yang masif, dan tentunya kecepatan data yang sangat tinggi, yang puncaknya hingga beberapa Gbps 

Keunggulan 5G ini didukung oleh teknologi OFDM (Orthogonal frequency-division multiplexing), yakni metode modulasi sinyal digital di beberapa saluran berbeda untuk mengurangi interferensi.

 

Internet cepat buat apa? 

Mengutip salah satu kalimat terkenal yang pernah dilontarkan pejabat di Indonesia, pada dasarnya 4G LTE sudah mengakomodir kebutuhan internet yang cukup cepat bagi penggunanya. Lalu apa yang membedakan 5G dari generasi sebelumnya?

 

Selain performa kecepatan yang meningkat, generasi terbaru ini menjanjikan potensi yang lebih besar dalam perkembangan dunia digital dan Internet of Things (IoT). Hal ini menjadikan 5G mendukung  sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus.

 

Ekosistem seluler kini memasuki ranah baru. 5G akan berdampak pada setiap industri, membuat transportasi yang lebih aman, perawatan kesehatan jarak jauh yang berkualitas, industri pertanian yang presisi, logistik digital — dan banyak lagi — menjadi kenyataan. Pada akhirnya segala aspek dalam kehidupan akan bergantung pada internet.

 

 

Apakah 5G akan membuat pengaruh pada hidup dibanding sekarang?

 

Dengan kemampuan untuk membuat sinyal internet semakin mudah diakses dan semakin cepat, latensi yang semakin rendah dan biaya yang semakin murah, teknologi 5G akan memuluskan berbagai inovasi teknologi yang saat ini sedang banyak dikembangkan.

 

Diantaranya seperti Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR) yang sangat berpengaruh pada pengalaman kita dalam mengakses internet. Keunggulan tersebut tentunya juga akan banyak berpengaruh pada bisnis dan ekonomi digital.

 

Penggunaan internet akan jauh lebih efisien dan pengguna akan mendapat akses lebih cepat terhadap banyak informasi. Produktivitas dapat digenjot lebih baik dan operasional internet akan jauh lebih presisi

 

 

Bayangan Akan Masa Depan Akan Menjadi Kenyataan

Seperti di film-film bertemakan masa depan, dimana digambarkan kota memiliki bentuk bangunan yang futuristik, mobil terbang berlalu lalang, dan hewan-hewan bisa berbicara dengan alat penerjemah. Apakah kamu pernah membayangkan kehidupan kita akan seperti gambaran tersebut?

 

Hal tersebut bukan tidak mungkin terjadi. Mengingat banyaknya terobosan yang dilakukan seperti kecerdasan buatan (AI),  robot automation, hingga yang sedang booming saat ini yaitu keuangan digital atau blockchain.

 

Beberapa hal tersebut memang masih belum signifikan mempengaruhi hidup kita saat ini. Namun bukan tidak mungkin hal tersebut akan terjadi berkat dukungan dari teknologi 5G.

 

Kemajuan teknologi yang membuat segalanya menjadi jauh lebih pintar, membuat kita sebagai pengguna juga dituntut untuk lebih pintar. Dengan banyaknya hal positif yang dapat dibaca di artikel ini, akan sejalan juga dengan hal negatif seperti potensi pencurian data, dan pelanggaran privasi. Untuk hal tersebut, bijak memilih koneksi internet untuk keamanan data pribadi sangat tepat untuk dilakukan

 

GMedia menyediakan layanan akses internet dan Virtual Private Server (VPS) yang dapat menjawab masalah tersebut. Dengan IP Address pribadi, kamu tidak perlu khawatir dengan tindakan cybercrime. GMedia juga berkomitmen untuk menyediakan pelayanan terbaik bagi kamu!

Posted 2021-06-07 11:45 by Marcomm Gmedia Share
  news