Arsitektur Cloud Hosting, Apa Keunggulannya?


Arsitektur Cloud Hosting, Apa Keunggulannya?

Cloud hosting adalah tipe web hosting yang menggunakan berbagai macam server untuk menyeimbangkan load dan memaksimalkan uptime. Alih-alih menggunakan single server, website Anda akan mengakses “cluster” yang memanfaatkan resource dari pool yang terpusat. Hal ini menunjukkan bahwa kalau ada satu server yang gagal, maka server yang lain tidak akan terpengaruh, melainkan tetap berfungsi.

 

Misalkan saja cloud sebagai web dari beberapa komputer berbeda dan semuanya saling terhubung. Semakin banyak mesin yang terhubung ke jaringan, maka semakin besar pula resource yang ditambahkan ke cloud secara keseluruhan. Di cloud hosting, ada sebuah bagian yang bernama cloud cluster. Ini berbeda dari web hosting pada umumnya, karena Anda mendapatkan ruang dengan jumlah tertentu dari single server.

 

Beberapa keunggulan cloud hosting adalah fokus utama pada uptime, resource sendiri, kemudahan dalam scaling, dan alamat IP yang dedicated.

 

 

Arsitektur Cloud hosting

Arsitektur cloud hosting berbeda dari proses setup yang biasanya dijalankan di web hosting reguler:

  • Sebagian besar shared hosting menggunakan pendekatan terpusat di mana satu server menjadi rumah bagi banyak website. Namun, jika server mengalami gangguan, setiap akun yang berada di bawah naungannya juga akan mengalami hal yang sama.
  • Di sisi lain, pendekatan distribusi oleh sistem ini tidak akan mengalami hal serupa. Karena setiap website “didistribusikan” ke beberapa lokasi, maka tidak akan ada masalah downtime jika server pada cluster mengalami gangguan.

Website berskala besar, seperti situs mesin pencari dan jaringan sosial, menggunakan pendekatan distribusi karena tak ada satupun single server yang sanggup menangani beban yang diterima. Para pemilik proyek besar semacam ini akan membuat arsitektur cloud hosting sendiri atau menyewa resource dari provider.

 

Website apa saja yang bisa dibuat di cloud hosting?

Jenis website yang menggunakan cloud hosting sama beragamnya dengan yang memakai hosting biasa. Hanya saja, di kasus-kasus tertentu, sistem cloud ini lebih banyak digunakan.

Jika website memiliki tujuan penting, di mana suatu perusahaan seolah-olah tak bisa ‘hidup’ tanpanya, maka tipe hosting ini adalah pilihan yang tepat. Layanan ini bahkan menjadi pilihan bagi banyak toko ecommerce, situs lead generation, website perusahaan, dan proyek dengan trafik tinggi.

Di saat bersamaan, hosting ini memberikan kemudahan dalam hal scaling apabila Anda menginginkan daya tambahan. Hal ini tentu saja menjadi satu keuntungan bagi agensi berita dan perusahaan penerbitan yang menginginkan peningkatan trafik atau klik dalam jumlah besar pada postingan yang mereka terbitkan.

Kesimpulannya, tipe hosting ini adalah pilihan yang tepat jika menginginkan resource tanpa batas, bahkan lebih baik daripada shared hosting dan server virtual lainnya.

 

Masa depan cloud hosting

Komputasi awan atau cloud computing, secara umum kini makin penting dan kebutuhan masyarakat modern untuknya juga kian meningkat. Teknologi ini mampu membawa dan mengarahkan website industri dan bisnis semakin terkenal di dunia online. Meski porsinya tidak begitu besar, web hosting menjadi batu loncatan bagi cloud.

Jadi, jangan heran jika Anda menemukan bentuk cloud hosting yang menjadi tulang punggung bagi semuanya, mulai dari rekaman kesehatan digital hingga database properti dan perjanjian hukum!

GMEDIA adalah solusi terbaik untuk penyediaan data center, VPS, hosting, yang tentunya aman dari segala ancaman, selain itu GMEDIA juga support bandwidth dengan jaringan terbaik dan layanan 24 jam non-stop. Untuk itu, tunggu apalagi? Dengan GMEDIA, service makes perfect!

 

Gmedia.net.id

 

  1. Internet solution
  2. System integrator
  3. Data center
  4. Application & content provider

 

#gmedia #servicemakesperfect #kerjamaksimal #gmediapastilancar #internetkantor #internetkenceng #internetstabil #internetbisnis

Posted 2021-05-27 08:40 by Marcomm Gmedia Share
  news