COBA DATABASE PROJECT INI!


COBA DATABASE PROJECT INI!

 

Database adalah kumpulan data terstruktur dan tidak terstruktur yang disimpan secara sistematis dalam suatu komputer.  Misalnya, data berupa tabel, baris, objek, query dan kode pemrograman.  Adanya database yang baik merupakan salah satu syarat agar project Anda berjalan lancar. Misalnya, project pengembangan website, aplikasi dan lainnya. Selain itu, Anda perlu mengelola database project dengan efektif dan efisien. Salah satu caranya dengan menggunakan aplikasi database atau sistem manajemen database (DBMS).

1.Oracle

Oracle merupakan aplikasi database yang populer. Salah satu alasannya, database ini memiliki performa tinggi. Oracle mampu menjaga kecepatan pemrosesan data meskipun ada peningkatan workload. Selain itu, Oracle bersifat multi user sehingga bisa diakses bersama dengan user lain.

2.MySQL

Ini merupakan database relasional yang dikembangkan oleh Oracle. Bedanya, database ini memiliki versi yang bisa digunakan secara gratis karena bersifat open source. Cukup dengan RAM 1 GB, Anda sudah bisa menggunakannya untuk database Anda.

3.PostgreSQL

PostgreSQL merupakan database non relasional yang reputasinya cukup baik. Sebab meskipun bersifat open source, database ini memiliki banyak keunggulan fitur. Database ini memiliki kecepatan yang baik ketika digunakan dalam kondisi workload tinggi.

Database ini juga memiliki fitur untuk menjaga konsistensi data. Jadi, ketika Anda sedang mengembangkan data, user lain akan tetap melihat data sebelumnya. User lain akan melihat data baru setelah update data selesai.

4.MongoDB

Database non relasional yang banyak digunakan oleh pengembang aplikasi dan website terkenal. Contohnya, Adobe dan Ebay.  Database populer ini memiliki performa yang baik berkat penggunaan dokumen dengan format bahasa JSON. Sehingga pemrosesan data jadi lebih ringan. Selain itu, informasi data website dapat diperbaharui tanpa ada pemuatan ulang.

5.Mariadb

Mariadb adalah database relasional yang serupa dengan MySQL. Bedanya, Mariadb bisa Anda gunakan secara gratis karena bersifat open source secara penuh. Mariadb memiliki fitur yang akan memudahkan Anda untuk menambah kapasitas penyimpanan data hingga ukuran petabyte.

Itulah deretan database yang bisa Anda coba. Jika Anda mencari yang terpercaya, GMEDIA adalah jawaban. Selain internet, GMEDIA juga menyediakan layanan data center, penyimpanan cloud, aplikasi dan lainnya sudah dipastikan GMEDIA one stop solution bagi kebutuhan bisnis Anda!

Posted 2021-04-16 08:02 by Marcomm Gmedia Share
  news