ATASI ERROR 404 : NOT FOUND DENGAN INI!


ATASI ERROR 404 : NOT FOUND DENGAN INI!

 

Pernahkah Anda ketika sedang asik mengakses website di internet lalu mendapatkan pesan Error 404 : Not Found? Sebenarnya apa itu error 404:not found?

Istilah error 404 : not found adalah istilah yang menggambarkan ketika website tidak dapat diakses atau dibuka. Angka 4 pertama merujuk pada kesalahan dari user seperti salah memasukkan kode link. Sedangkan untuk angka 04 berikutnya lebih mengacu pada ketiadaan atau dikenal dengan syntax error. Bisa disimpulkan error 404 mengacu pada kombinasi kode angka kesalahan user dan syntax error.

Banyak hal yang memicu terjadinya error 404 : not found ini. Seperti salah memasukkan url, masalah caching, pengaturan nama domain (DNS), hingga permasalahan compatibility. 

Tak perlu khawatir jika Anda mengalami error 404 : not found. Anda bisa melakukan cara ini untuk mengatasinya.

1.Menggunakan Tools

Mengecek link yang rusak dengan menggunakan tools adalah hal yang tepat. Saat ini sudah banyak Tools yang bermunculan yang bisa Anda gunakan dengan mudah. Salah satunya Anda bisa menggunakan Online Broken Link Checker. Tools ini menawarkan fitur yang dapat mengecek broken link pada sebuah website atau blog. Selain itu juga dapat menunjukkan dimana lokasi broken link yang bermasalah di dalam sebuah website. Tools ini bisa digunakan pada Windows, Mac OS X, Linux/UNIX, dan iOS.

2.Bersihkan Cache dan History

Munculnya tampilan Error 404 : Not Found tidak hanya datang dari website itu sendiri, tetapi bisa muncul dari komputer Anda sendiri. Ketika Anda membuka suatu website lewat smartphone, namun ketika Anda mencoba membukanya lewat komputer atau laptop, website yang dimaksud tidak bisa dilihat. Maka Anda perlu mengosongkan cache yang ada di browser dan bersihkan history. Hal ini juga berlaku di smartphone Anda.

3.Cek Kesalahan URL

Bisa saja Anda salah memasukkan huruf atau kurang. Untuk mengatasinya Anda bjsa mencoba untuk pindah satu tingkat direktori URL tersebut. Jika masih tidak dapat dibuka/diakses maka dipastikan halaman pada website tersebut sudah tidak ada atau rusak.

4.Lakukan Bookmark

Tak ada website yang terhindar dari Error 404 : Not Found. Tampilan Error 404 bisa terjadi dalam semua website termasuk website penting sekalipun. Selain mengecek kesalahan URL untuk mengantisipasi hal terulang Anda bisa melakukan bookmark pada website yang Anda cari. Tujuannya untuk menghindari kesalahan 404 tersebut sehingga sewaktu-waktu Anda mencarinya bisa langsung ditemukan tanpa harus bersusah payah mencarinya kembali di mesin pencarian.

Bagaimana solusi yang diberikan? Semoga solusi diatas bisa membantu Anda ketika mengalami Error 404 : Not Found ya!

Posted 2021-04-08 08:00 by Marcomm Gmedia Share
  news