DAFTAR APLIKASI PROJECT MANAGEMENT YANG COCOK UNTUK MENGATUR TEAM KERJA!


DAFTAR APLIKASI PROJECT MANAGEMENT YANG COCOK UNTUK MENGATUR TEAM KERJA!

Seiring semakin dalamnya memasuki zaman teknologi, saat ini semakin banyak aplikasi-aplikasi canggih yang ditujukan untuk membantu penggunanya dalam berbagai aspek, salah satunya dalam aspek pekerjaan dan pengembangan bisnis. Sebelumnya, banyak sekali pebisnis ataupun project manager yang mengalami kesulitan dalam melakukan monitoring progress pekerjaan di dalam tim. Apalagi di tengah masa pandemi ini, banyak pekerja yang harus bekerja dari rumah. Namun saat ini banyak bermunculan aplikasi project management yang diperuntukan mempermudah melakukan monitoring progress dan koordinasi kerja. Apa saja aplikasi tersebut?

1. Trello

Trello adalah salah satu aplikasi project management yang dapat dikatakan cukup banyak digunakan dalam pengaturan serta pengecekan progress kerja dalam suatu proyek. Aplikasi ini menawarkan cukup banyak fitur bagi Anda, beberapa diantaranya adalah project management dengan papan (board) dan kartu (card), pengelompokan tim hingga kolaborasi end-to-end. Aplikasi ini salah satu pilihan terbaik untuk Anda yang ingin membuat rencana kerja, melakukan monitoring pekerjaan hingga koordinasi karyawan. Selain dapat diakses melalui aplikasi, Trello sendiri dapat juga dapat diakses melalui web.

2. Quip

Aplikasi ini dirilis pada tahun 2012 yang menawarkan sejumlah aplikasi yang dapat digunakan untuk mengatur rencana kerja dalam proyek yang sedang ditangani. Menggunakan aplikasi ini, Anda dapat membuat rencana kerja, keuangan serta laporan-laporan kebutuhan lainnya. Tidak hanya itu, Quip juga hadir dengan fitur chat guna mempermudah koordinasi dan komunikasi di dalam tim. Sama halnya dengan Trello, Quip tidak hanya tersedia dalam bentuk aplikasi, melainkan juga dapat diakses secara langsung melalui web.

3. Slack

Slack juga menawarkan fitur obrolan di dalamnya guna mempermudah penggunanya dalam melakukan monitoring dan koordinasi kerja. Tidak hanya itu, salah satu aplikasi project management terbaik  ini juga memungkinkan Anda untuk dapat membuat grup rahasia yang hanya dapat diikuti oleh orang –orang tertentu. Untuk ketersediaannya, sama halnya dengan Trello dan Quip, Slack juga tidak hanya tersedia dalam bentuk aplikasi, namun juga dapat diakses melalui web.

4. Bitrix24

Aplikasi Bitrix24 ini hadir dengan berbagai macam fitur penunjang kerja, seperti fitur grup kerja, laporan dan kalender. Yang menjadi salah satu pembeda besar antara aplikasi Bitrix24 dengan aplikasi project management lainnya terdapat pada tampilan yang ditawarkan oleh Bitrix24. Bitrix24 memiliki tampilan yang mirip dengan media sosial, sehingga sangat ramah pengguna (mudah digunakan). Sama dengan ketiga aplikasi yang disebutkan sebelumnya, aplikasi ini telah dapat diakses bukan hanya melalui aplikasi, namun juga melalui website.

5. Milanote

Aplikasi yang memiliki tagline Get Organized & Stay Creative ini memiliki tampilan yang terbilang bersahabat, sehingga sangat mudah untuk digunakan oleh pengguna baru. Tampilan yang diusung oleh Milanote sendiri lebih mirip dengan artboard penggunanya yang dapat digunakan untuk mengisi serta menyusun rencana kerja. Sama halnya dengan aplikasi project management lainnya, Milanote telah dilengkapi dengan sejumlah fitur yang ditujukan untuk memberikan kemudahan pada penggunanya seperti fitur membuat papan, unggah file, unggah gambar dan fitur-fitur lainnya. Untuk ketersediaannya, Milanote telah dapat digunakan melalui aplikasi dan juga web. Namun sayangnya, untuk versi aplikasi, aplikasi yang bermarkas besar di Australia ini baru tersedia di App Store.

6. Mavenlink

Mavenlink merupakan aplikasi project management yang menawarkan sejumlah fitur berguna untuk mengelola kerja tim. Salah satunya adalah fitur cost control, fitur yang satu ini memungkinkan penggunanya untuk dapat melakukan management profit dari proyek atau usaha/bisnis yang tengah digarap. Tidak hanya itu, Mavenlink juga menawarkan fitur kolaborasi tim yang dapat digunakan untuk koordinasi kerja tim yang terlibat dalam proyek . Namun sayangnya, Mavenlink saat ini hanya tersedia dalam bentuk web saja  alias belum tersedia dalam bentuk aplikasi.

7. Monday.com

Tanpa disadari iklan Monday.com sering terlihat ketika kita sedang mengakses video di Yotube. Aplikasi yang hadir dengan tagline Best Way to Manage Any Team ini memiliki tampilan yang bersahabat, sehingga sangat mudah digunakan, bahkan untuk pengguna baru. Aplikasi project management yang satu ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur inovatif yang sangat membantu dalam pengaturan serta monitoring kerja tim, sebut saja beberapa diantaranya seperti fitur board untuk pembuatan task/tugas, comment, notifikasi hingga fitur up-to-date.

8. Asana

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk dapat memulai percakapan personal (rahasia) ataupun terbuka layaknya pada aplikasi sebelumnya “Slack”. Selain itu, Asana juga menawarkan fitur An Assigned Customer Success Manager yang membantu penggunanya untuk mengerjakan proyek kerja yang dimasukkan ke dalam Asana serta berbagi tips dan trik penting lainnya. Tidak hanya dapat digunakan melalui aplikasi, layanan project management Asana juga tersedia dalam versi web, sehingga penggunanya dapat juga mengaksesnya melalui PC ataupun laptop.

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi project management yang sekiranya dapat Anda pilih untuk membantu menyusun serta mengatur kerja tim Anda dalam menangani proyek. Anda tertarik mencoba yang mana? Atau Anda telah mencoba beberapa diantaranya?

 

Posted 2021-02-22 09:02 by Marcomm Gmedia Share
  news