KELEBIHAN DAN KEKURANGAN CHATBOT UNTUK BISNIS ANDA


KELEBIHAN DAN KEKURANGAN CHATBOT UNTUK BISNIS ANDA

Kemajuan teknologi membuat industri mendapatkan dampak positif yang tidak bisa diremehkan atau malah tidak diikutsertakan di dalam bisnis yang dijalankan. Pada dasarnya, dengan kemajuan teknologi yang ada, maka kinerja bisnis di beberapa sektor bisa dilakukan dengan lebih mudah dan hanya perlu mengandalkan teknologi saja, bukan manusia. Salah satu kemajuan teknologi yang membawa dampak positif adalah Chatbot.

Chatbot adalah layanan obrolan yang sebenarnya menjadi fitur yang sudah sangat sering digunakan oleh masyarakat yang melek teknologi. Tapi bedanya, yang membalas di dalam proses chatting itu adalah robot atau tokoh virtual. Ini memang sesuai namanya yang memuat kata “bot” yang merupakan kependekan dari internet robot.

Dengan chatbot, maka robot/tokoh virtual di dalamnya diberikan kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligence) yang memiliki kemampuan untuk menirukan percakapan manusia seperti Anda sedang chatting atau ngobrol dengan suara bersama orang biasa saja. Dan ini tentunya memberikan banyak kemudahan untuk bisnis yang sedang dijalankan.

Dengan sistem pengoperasian yang sudah ditanamkan kepadanya, maka chatbot bisa melihat keyword yang diberikan kepadanya dan melihat mana jawaban yang paling dekat dengan keyword tersebut sehingga setiap pertanyaan yang diberikan bisa dijawab dengan cepat.

Kelebihan Chatbot

Ada beberapa kelebihan yang bisa diberikan oleh chatbot untuk Anda:

1. Lebih Cepat Dalam Berinteraksi Dengan Konsumen

Ketika konsumen ingin menanyakan sesuatu hal lewat website, maka robot ini bisa menjawab pertanyaan yang diajukan dengan cepat tanpa bertele-tele. Ini pastinya akan sangat disenangi oleh konsumen juga.

2. 24 Jam

Jika menggunakan manusia di dalam urusan customer service seperti ini, terkadang ada kendala yang bisa didapatkan seiring pengoperasian, khususnya jam kerja. Namun tidak dengan chatbot karena teknologi ini tidak akan pernah tidur layaknya manusia sehingga kapan dan jam berapapun ada pertanyaan, maka bisa segera dijawab.

3. Kemudahan Untuk Bisnis

Kelebihan chatbot juga pastinya dirasakan oleh pihak pebisnis. Anda tidak perlu lagi berurusan dengan manusia yang terkadang mengalami masalah, padahal yang namanya pebisnis, pastinya ingin mendapatkan kinerja terbaik. Dengan teknologi robot, maka urusan customer service menjadi mudah.

Kekurangan Chatbot

Tidak hanya kelebihan saja yang dimiliki chatbot, kekurangan pun juga pastinya ada seperti:

1. Mematikan Peran Customer Service

Lapangan kerja yang biasa dikerjakan oleh manusia ini pastinya akan pelan-pelan mati ketika teknologi mulai masuk. Yang biasanya diisi manusia, kini diisi oleh robot. Dan itu sangat merugikan dari pihak yang bekerja di bagian customer service karena kehilangan lapangan pekerjaan.

2. Tidak Bisa Menjawab Seluruh Keluhan

Di dalam menjalankan bisnis, pasti ada saja masalah yang menimpa konsumen dan meminta pertanggung jawaban. Sayangnya ketika berhubungan dengan chatbot, maka bisa saja apa yang diinginkan oleh konsumen tidak bisa dijawab dan dipenuhi olehnya sehingga tidak memberikan rasa puas dan malah menambah masalah baru.

Chatbot pasti akan semakin banyak dipakai agar memberikan kemudahan dan menekan cost bisnis karena bisa diganti robot. Sekarang pilihan tergantung pada Anda, selaku pemilik bisnis. Apakah sudah percaya dengan kemampuan robot yang sudah dilengkapi AI atau masih ingin menggunakan tenaga manusia. Atau Anda akan mengkombinasi keduanya?

Posted 2021-02-05 08:05 by Marcomm Gmedia Share
  news