PERMUDAH DUNIA PENDIDIKAN DENGAN AKSES INTERNET


PERMUDAH DUNIA PENDIDIKAN DENGAN AKSES INTERNET

Keberadaan Internet semakin memudahkan segala aktivitas dalam dunia pendidikan, banyak kemudahan yang didapatkan untuk menunjang proses pembelajaran. Terlepas dari dampak negatif yang bisa ditimbulkan, internet juga memiliki manfaat bagi kemajuan yang menjadi salah satu inovasi dalam perkembangan dunia pendidikan.

 

Berikut penjelasan manfaat internet yang diberikan bagi dunia pendidikan :

 

1.Pembelajaran Semakin Dipermudah

Internet telah menjadi sumber belajar alternatif dengan materi pelajaran yang tidak terbatas. Melalui internet murid bisa mencari materi pelajaran dari berbagai sumber sehingga pengetahuan murid lebih luas. Internet dapat diakses melalui berbagai perangkat elektronik sehingga tidak terpaku pada satu perangkat saja. Cukup dengan mengetik materi pelajaran yang dicari, akan muncul dalam hitungan detik dan semakin memudahkan murid untuk belajar.

 


2.Sebagai Media Pembelajaran

Manfaat internet selanjutnya bagi dunia pendidikan adalah sistem pembelajaran lebih bervariasi. Jika selama ini guru hanya bisa menjelaskan teori / gambar dari buku namun dengan adanya  teknologi materi yang dijelaskan bisa bervariasi melalui tayangan video melalui Youtube misalnya sehingga pembelajaran tidak membosankan dan bisa membuat sistem pembelajaran menjadi lebih mudah dimengerti dan menjadi lebih berkesan bagi murid.

 

3.Murid Semakin Berkembang

Internet mampu membuat murid memiliki inovasi tinggi, sehingga murid memiliki kreatifitas untuk melakukan hal besar memanfaatkan teknologi internet. Namun jika tidak digunakan dengan bijak dan kurang mendapatkan bimbingan dari guru maupun orang tua justru akan memberikan efek negatif bagi murid.

 

4.Kelas Online

Dengan keberadaan internet, metode pembelajaran mengalami perkembangan dari siswa tidak harus untuk hadir didalam kelas untuk mengikuti pembelajaran. Murid dapat mengikuti pembelajaran melalui kelas online dengan sistem pengumpulan tugas diupload melalui database secara online. Jadi kesempatan untuk mengembangkan kemajuan pendidikan yang layak semakin mudah dan efisien.


5.Ujian Nasional Online

Manfaat internet bagi dunia pendidikan selanjutnya adalah dengan hadirnya pelaksanaan ujian nasional berbasis online. Selain menghemat biaya pelaksanaan ujian nasional juga meminimalisir kecurangan dalam ujian. Internet juga membuat proses pemeriksaan hasil ujian nasional yang selama ini membutuhkan waktu yang cukup lama menjadi lebih singkat dengan hasil yang akurat.

 

6.Mempercepat Proses Belajar Bahasa Asing

Dengan internet yang disajikan dalam berbagai bahasa membuat anak secara tidak langsung akan belajar berbagai  bahasa secara otodidak. Selain itu, adanya koneksi internet membuat siswa dapat mendownload aplikasi untuk mempermudah belajar bahasa asing dengan berbagai metode yang bisa didownload secara gratis.


7.Memudahkan Pendataan Secara Online

Dengan adanya internet sistem data pendidikan nasional bisa dikelola melalui satu database terpadu sehingga membuatnya menjadi lebih praktis dan memudahkan stackholder dalam dunia pendidikan.

 

8.Menyimpan Informasi Kapasitas Besar

Internet juga menjadi database yang digunakan untuk menyimpan data pendidikan, misalnya data pendidikan bisa disimpan di Google Drive yang bisa diakses oleh banyak orang. Data informasi tersebut bisa disimpan dalam website sehingga juga bisa menjadi referensi bagi orang lain yang mencarinya.

 

Demikian 8 manfaat internet bagi dunia pendidikan, dengan hadirnya layanan internet di era digital bagi para pelajar sangat mempermudah untuk mencari sumber informasi dengan motivasi belajar yang semakin kreatif dan inovatif.

Posted 2018-08-08 16:33 by Marcomm Gmedia Share
  news