HINDARI RESIKO INI JIKA ANDA MELAKUKAN BACKUP DATA WEBSITE SEKARANG!


HINDARI RESIKO INI JIKA ANDA MELAKUKAN BACKUP DATA WEBSITE SEKARANG!

Anda sudah membangun website yang menarik. Jumlah pengunjungnya pun terus meningkat. Segalanya terlihat mulus. Namun, tiba-tiba website Anda terkena hack! Banyak file website yang hilang dan corrupt. Anda pun kebingungan karena belum sempat backup data website. Oleh karena itu, pemilik website wajib melakukan backup. Backup adalah aktivitas di mana Anda menyimpan file cadangan yang sewaktu-waktu bisa diakses kembali jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya, seperti kehilangan atau kerusakan file. Tidak hanya itu, backup juga bisa menghindarkan website Anda dari berbagai resiko lho! Sebut saja kehilangan data saat terkena serangan hack, masalah update, atau infeksi malware.

Ada beberapa resiko yang dapat Anda hindari dengan melakukan backup, yaitu kehilangan data yang disebabkan oleh:

1. Serangan Hack

Menurut data statistik, jumlah website yang dibobol pada tahun 2019 mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Walau demikian, Anda tak perlu khawatir. Karena dengan melakukan backup, Anda bisa mengembalikan data Anda. Jadi, data yang rusak atau hilang bisa kembali seperti semula.

Untuk cara mencegah serangan hacker, Anda pun bisa menerapkan praktik-praktik keamanan website. Mulai dari menggunakan security plugin hingga menerapkan two-way factor authentication.

2. Resiko Human Error

Sebelum menghapus atau memodifikasi file di website Anda, pastikan Anda melakukan backup terlebih dulu. Karena, sebuah survei membuktikan bahwa kasus kehilangan data merupakan akibat dari human error. Akibatnya, website bisa tiba-tiba error atau tidak berfungsi seperti biasanya.

Oleh karena itu, Anda perlu mempersiapkan diri sebelum hal ini terjadi. Tentunya dengan melakukan backup data website

3. Potensi Masalah Setelah Update

Anda juga perlu melakukan backup data website sebelum melakukan update. Baik itu update website, update tema, atau update plugin.Karena, ada kalanya proses update menyebabkan error pada website. Penyebabnya bisa bermacam-macam. Mulai dari interupsi saat proses update, hingga ketidakcocokan file baru dengan file-file yang lama.

Namun, bukan berarti proses update sepenuhnya berbahaya. Justru update juga penting untuk ketahanan website. Contohnya, pengguna WordPress perlu melakukan update WordPress secara berkala agar sistem keamanan websitenya diperbarui.

4. Infeksi Malware

Serangan malware merupakan salah satu masalah keamanan yang paling umum terjadi pada website. Dampak yang ditimbulkan biasanya berupa kehilangan atau kerusakan file. Untuk itu, Anda perlu melakukan backup data website agar bisa bisa mengembalikan file-file Anda yang sudah terinfeksi.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba berbagai cara untuk mencegah infeksi malware. Mulai dari  melakukan scanning website secara berkala, memasang security plugin, dan memilih layanan hosting yang menawarkan fitur keamanan.

5. Kesulitan Saat Migrasi Hosting

Migrasi hosting bisa diibaratkan seperti pindah rumah. Jika Anda tidak berhati-hati, bisa-bisa ada barang yang tertinggal. Contohnya seperti file-file yang tidak sempat terunggah ke hosting yang baru, atau malah terhapus.

Jadi, Anda perlu memastikan bahwa data website Anda aman dan bisa di-restore. Tentunya dengan melakukan backup data website. Langkah ini sangat penting, khususnya jika Anda melakukan migrasi secara manual.

6. Masalah Kompatibilitas Tema dan Plugin

Jika Anda menggunakan WordPress, Anda bisa mempercantik tampilan atau meningkatkan fitur website Anda melalui tema dan plugin.

Sayangnya, celah keamanan di tema dan plugin merupakan salah satu penyebab website WordPress rawan diserang. Oleh karena itu, jangan lupa untuk melakukan backup data website sebelum menginstal atau mengupdate tema dan plugin. Walaupun tidak semua tema dan plugin punya celah keamanan, Anda perlu tetap waspada dengan risikonya.

7. Resiko saat Testing Website

Ketika Anda sedang menerapkan perubahan pada website Anda, contohnya seperti pemasangan fitur baru atau perubahan desain, bisa jadi hasilnya kurang sesuai dengan yang Anda inginkan.

Jadi, apapun modifikasi yang Anda buat pada website Anda, pastikan Anda melakukan backup terlebih dahulu sebagai langkah pencegahan resiko. Sehingga, Anda dapat mengembalikan kondisi website Anda seperti semula.

Sekarang Anda sudah paham betapa pentingnya melakukan backup pada website Anda. Ada banyak resiko yang bisa Anda hindari. Mulai dari serangan hacker dan malware, hingga resiko human error. Anda bisa mempercayakan backup data website Anda dengan Gmedia!

Posted 2020-11-19 08:00 by Marcomm Gmedia Share
  news