KESALAHAN DALAM BLOGGING


KESALAHAN DALAM BLOGGING

Kemarin kita telah membahas tips menjadi seorang blogger pemula. Anda bisa mengikuti tips yang dibagikan untuk menjadi blogger. Namun, seringkali seorang blogger melakukan beberapa kesalahan, yang akhirnya membuat blog mereka sepi audiens. Memang tidak ada hal mutlak ketika menulis blog, termasuk mana yang salah dan mana yang benar. Namun, berikut ini ada beberapa hal yang biasanya menyulitkan seorang blogger untuk menaikkan popularitas blog hingga mengurangi minat target audiens terhadap blog mereka.

1. Tak Mengenal Target Audiens

Satu kesalahan paling umum yang dilakukan seorang blogger adalah mereka tidak tahu siapa yang jadi target audiens. Mereka membuat konten tentang beragam jenis topik dan pembahasan tanpa peduli apakah pembaca tertarik dengan topik atau tulisan mereka. Sebelum mengembangkan sebuah blog, sebaiknya kamu membuat gambaran bagaimanakah sosok pembaca ideal yang kamu tuju. Setelah itu, lakukan riset tentang apa yang mereka sukai atau butuhkan dan jadilah “jawaban” atas kebutuhan mereka.

2. Tak Konsisten

Dalam memulai sebuah kebiasaan baru tentunya ada semangat yang menggebu di awal. Tak jarang seorang blogger memulai blognya dengan penuh semangat, lalu seiring berjalannya waktu semangat ini mulai padam hingga tidak konsisten lagi dalam membuat artikel atau menurunkan kualitas konten karena minatnya sudah berkurang. Ini adalah salah satu kesalahan fatal seorang blogger. Jika Anda berniat membangun sebuah blog, lakukan perencanaan yang cukup matang untuk beberapa waktu ke depan.

3. No SEO Friendly

Ada dua kelompok blogger berbeda yang menulis hanya untuk kepentingan search engine dan yang tidak mempedulikan search engine sama sekali. Namun ini tidak mutlak, Anda tetap bisa membagi jenis konten Anda dalam kategori masing-masing, apakah ingin menjadi artikel yang SEO-friendly atau tidak.

4. Hanya Tentang Diri

Sebagai individu atau perusahaan, banyak blogger membuat kesalahan dengan terlalu banyak bicara tentang diri sendiri. Padahal, pembaca hanya ingin membaca suatu informasi yang berguna bagi hidup mereka. Namun, bukan berarti Anda tak boleh menyelipkan cerita atau pendapat pribadi di artikel Anda sendiri. Namun, tetaplah sesuai konteks dan jangan terlalu berlebihan ketika menceritakan tentang Anda, kecuali jika artikel tersebut menjelaskan tentang identitas Anda. Ketika menulis blog untuk bisnis, kamu bisa membuat artikel edukatif ketimbang artikel dengan topik spesifik yang hanya membahas tentang produkmu saja.

5. Tulisan Tidak Menarik

Tujuan blogger sama dengan penulis lainnya, yaitu untuk memperoleh dan mempertahankan pembaca. Tapi, ada satu cara yang membuat calon pembaca dan pembaca setia meninggalkan blog, yaitu tulisan yang tidak menarik. Kesalahan ini tidak hanya membuat artikel sulit dan tidak enak dibaca, tapi juga mengaburkan pesan yang ingin disampaikan hingga akhirnya pembaca meninggalkan blog.

Tulisan yang menarik tak hanya dari judul yang memancing rasa penasaran, tapi juga dari struktur yang rapi dan dilengkapi oleh penggunaan tanda baca dan Ejaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, serta tata bahasa yang mudah dipahami.

Berniat untuk menjadi seorang blogger? ingat dahulu beberapa kesalahan ini. Jangan sampai Anda melakukan kesalahan - kesalahan diatas ya. 

 

Posted 2020-10-16 08:00 by Marcomm Gmedia Share
  news