CLOUD HOSTING


CLOUD HOSTING

 

Cloud Hosting adalah tipe web hosting yang tidak hanya menggunakan satu server saja, melainkan menggunakan beberapa server untuk menyeimbangkan beban (load) dan memaksimalkan jam kerja server (uptime). Dengan kata lain, cloud hosting merupakan teknologi yang menggabungkan beberapa server untuk berjalan layaknya satu server utuh. Tujuannya tak lain untuk menjaga performa. Hosting ini tidak menggunakan single server tetapi menggunakan teknologi yang dikenal dengan nama “cluster” –menggabungkan beberapa resource server secara terpusat. Semakin banyak server yang tergabung di dalam satu cluster maka semakin besar resource yang ditambahkan.

Teknologi cluster memungkinkan website tetap berjalan meski salah satu server bermasalah. Saat salah satu server bermasalah, server lain akan menjaga website tetap berjalan. Hal itu membuat tingkat uptime-nya cenderung tinggi karena server saling mem-backup. Resource di cloud hosting tidak dipengaruhi atau tidak dibagi dengan pengguna lain karena sudah dedicated.

Keunggulan dari Cloud Hosting adalah fokus pada uptime, fleksibilitas dan kemudahan proses scalling, serta private resource. Cloud Hosting melakukan pendekatan distribusi. Karena setiap permintaan website didistribusikan ke beberapa lokasi sehingga masalah downtime bisa dicegah saat server cluster mengalami gangguan.

Mengapa perlu menggunakan Cloud Hosting?

1. Mampu Menampung Trafik Masif, dengan teknologi cluster memungkinkan website untuk menampung trafik yang masif. Sehingga, server dapat diakses ribuan bahkan jutaan orang secara bersamaan. Ketika ada salah satu server yang overload maka beban akan dibagi dengan server lain. Metode pembagian ini dikenal dengan sistem back-up resource.

2. Performa Tinggi dan Aman, Ketika kebanyakan layanan hosting mengalami masalah keamanan seperti penyadapan jaringan, invasi ilegal, dan penyalahgunaan data. Layanan cloud hosting menawarkan keamanan dan kerahasiaan data, kontrol akses data, dan integritas data. Penyedia layanan juga dapat menambahkan algoritma enkripsi untuk melindungi data pribadi dan privasi.

3. Full Managed, Full Managed berarti segala konfigurasi dan pengelolaan server dilakukan oleh tim dari penyedia layanan. Layanan Full Managed membuat pengguna tidak perlu ribet untuk melakukan instalasi dan konfigurasi website, karena semua kemudahan ada dalam satu dashboard Anda. Penyedia layanan cloud hosting terkadang menyediakan layanan Full Manage salah satunya adalah Gmedia.

 

 

Tertarik mencoba layanan Cloud Hosting dari Gmedia? Segera hubungi hotline kami atau untuk info selengkapnya Anda bisa mengakses website Gmedia di www.gmedia.net.id

 

Posted 2020-09-14 08:43 by Marcomm Gmedia Share
  news