JENIS - JENIS VIRUS KOMPUTER!


JENIS - JENIS VIRUS KOMPUTER!

Penggunaan komputer saat ini bisa dinilai cukup tinggi. Pasalnya, akibat pandemi covid-19 yang tak kunjung usai ini membuat aktifitas harus dilakukan dari rumah. Berselancar di internet dengan menggunakan komputer di rumah menjadi pilihan yang tepat untuk membuat otak tetap refresh. Namun apabila komputer Anda sudah menunjukkan performa yang menurun, bisa jadi komputer Anda telah dimasuki virus. Virus ini berasal dari website - website yang kurang jelas yang Anda kunjungi, atau dari pengiriman atau perpindahan file menggunakan flashdisk. Tentu saja hal ini akan merusak sistem komputer Anda. 

Berikut jenis - jenis virus komputer yang wajib Anda ketahui!

1. Worm, virus ini tidak terlalu bahaya, namun apabila dibiarkan, virus ini akan menggandakan diri dengan cepat dan menyebabkan memori komputer Anda penuh. Biasanya virus ini menginfeksi komputer yang terhubung dengan internet dan email. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan scanning dengan program antivirus.

2. Trojan, sama hal nya dengan Worm, namun virus ini akan mengontrol dan mencuri data pada komputer Anda untuk mendapatkan informasi password dan sistem log. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan software Trojan Remover.

3. Fat Virus, virus komputer yang merusak file pada penyimpanan tertentu. Virus ini akan membuat seolah - olah file tersebut menghilang,  padahal telah disembunyikan. Anda bisa menggunakan antivirus untuk mengatasi virus ini.

4. Memory Resident Virus, virus yang menginfeksi RAM komputer. Akibatnya, performa komputer Anda akan menjadi sangat lambat dan akan menginfeksi program - program komputer. Anda bisa mengatasi virus ini dengan memasang antivirus.

5. Macro Virus, virus ini menyerang file - file yang bersifat makro. Virus ini berasal dari email yang Anda terima. Anda harus menghindari pesan masuk asing dari email Anda.

6. Multipartite Virus, virus ini bersembunyi di dalam RAM dan menyerang sistem operasi pada program. Tentunya ini akan mempengaruhi performa komputer Anda. untuk mengatasinya, Anda perlu defrag hard disk dan scan komputer dengan antivirus secara berkala.

Itulah beberapa jenis virus komputer yang bisa menyerang perangkat komputer Anda. rutin lah melakukan scan komputer dan instalasi program antivirus untuk mencegah hal - hal yang tidak diinginkan.

 

Posted 2020-08-12 08:01 by Marcomm Gmedia Share
  news