PERBEDAAN ETHERNET DAN WIFI


PERBEDAAN ETHERNET DAN WIFI

Ethernet adalah teknologi yang sudah ada cukup lama. Namun, masih banyak yang bingung dalam membedakannya dengan Internet. Ethernet adalah standar umum untuk menghubungkan kabel ke jaringan komputer. Perangkat yang menggunakan koneksi Ethernet, memanfaatkan jenis kabel tertentu untuk terhubung, mengirim dan menerima data dengan perangkat jaringan lainnya, serta untuk mendapatkan akses ke jaringan yang lebih luas seperti Internet. Dengan menggunakan koneksi Ethernet, Anda dapat menghubungkan dua perangkat secara bersamaan, atau membuat local area network (LAN) dengan beberapa perangkat. Praktik ini terdengar seperti Wi-Fi yang tak membutuhkan kabel. 

Perbedaan Ethernet dan Wifi dapat dijabarkan dalam beberapa faktor seperti dari faktor kecepatan. Wi-Fi menawarkan alternatif nirkabel atau tanpa kabel. Lain halnya dengan Ethernet yang membutuhkan kabel. Kedua metode ini memang memiliki kelebihan masing-masing.

Ethernet umumnya unggul dari sisi kecepatan dibanding Wi-Fi. Kecepatan maksimum Ethernet berada di rentang 10Mbps hingga 100Gbps. Jika dibandingkan, jaringan Wi-Fi memang jauh lebih lambat, di samping kekurangan lainnya seperti gangguan sinyal radio dan hambatan lain yang mengurangi kecepatan dan kualitas jaringan nirkabel.

WiFi dapat mengatasi hambatan fisik seperti dinding dan objek lain yang dapat mengganggu atau menurunkan sinyal Wi-Fi antar perangkat dan router jaringan. Akan tetapi, konsep ini bukan masalah bagi koneksi Ethernet apalagi jika Anda memiliki ruang untuk memasang kabel Ethernet.

Perbedaan lainnya muncul di sisi keamanan. Faktor ini merupakan masalah bagi jaringan Wi-Fi karena jauh lebih mudah dapat diserang dibanding jaringan Ethernet, di mana Anda dapat mengakses secara fisik untuk menembus jaringan. Namun, bukan berarti Anda tidak dapat mengamankan Wi-Fi. Anda tetap dapat mengamankan Wi-Fi meskipun tak dapat menghilangkan serangan sepenuhnya.

Satu kelemahan Ethernet adalah kelebihan yang ditawarkan Wi-Fi, yaitu memungkinkan perangkat mobile terhubung dengan praktis. Oleh karena itu, jaringan terbaik bagi perusahaan adalah mengkombinasikan koneksi Ethernet untuk perangkat statis seperti komputer dan server. Koneksi Wi-Fi dapat diterapkan untuk mengakomodir perangkat mobile seperti smartphone maupun tablet. Seiring waktu, penerapan Ethernet semakin berkembang sehingga mampu mengakomodir perangkat secara lebih luas, seperti Metro Ethernet. Metro Ethernet merupakan singkatan dari metropolitan-area Ethernet. Perangkat ini merupakan jaringan Metropolitan-area Network (MAN) berbasis standar Ethernet yang jangkauannya lebih luas. Sederhananya, Metro Ethernet dapat diartikan sebagai sebuah teknologi Ethernet dengan cakupan yang lebih luas.

 

Posted 2020-06-30 08:23 by Marcomm Gmedia Share
  news