YUK LAKUKAN SELF PROMOTION


YUK LAKUKAN SELF PROMOTION

Self promotion merupakan cara agar orang lain dan lingkungan mengenal kita. Self promotion sendiri berbeda dengan pencitraan. Banyak yang keliru dengan kedua pengertian istilah tersebut. Memang banyak memiliki kesamaan namun nilainya sangat beda jauh. Sedangkan pencitraan sendiri merupakan kegiatan yang sengaja dilakukan untuk membentuk citra seseorang seseuai keinginan publik. Pencitraan ini cenderung menipu diri sendiri dengan melakukan hal yang sebenarnya nggak ia kuasai atau jauh dari jati dirinya.

Sedangkan self promotion merupakan cara kita membentuk diri sendiri dengan menambahkan beberapa ilmu atau keterampilan. Nah, dengan sendirinya, personal branding ini akan dikenal dan lebih orisinil.

Kebanyakan dari kita nggak mau melakukan self promotion karena takut dianggap pencitraan. Jadi banyak dari kita yang nggak mau menunjukkan atau membagikan keterampilan yang kita miliki. Kita jadi lebih menutup diri. Dengan menutup diri otomatis, pertemuan dengan orang baru untuk urusan pekerjaan, bisnis bahkan jodoh pun jadi menyempit. Sudah saatnya Anda menunjukkan prestasi dan keterampilan. Jika bingung, beberapa hal berikut bisa membantumu mencoba self promotion.

1. Tingkatkan Skill dan Nilai Diri

Memberi bekal diri dengan ilmu dan keterampilan nggak akan pernah sia-sia. Jika Anda dibekali hanya materi tanpa ilmu dan keterampilan, ujung-ujungnya akan habis juga. Beda jika Anda memiliki ilmu dan keterampilan, Anda bisa terus berkembang lebih besar. Cara meningkatkan skill adalah dengan mengikuti beberapa kursus, membaca serta jangan lupa latihan. Dengan bertambahnya skill , secara otomatis nilai dirimu pun akan bertambah.

2. Rubah Penampilan Demi Diri Sendiri

Hindari mengubah penampilan demi orang lain. Hal itu jika Anda lakukan nantinya akan mengecewakanmu jika orang yang dimaksud nggak memuji akan perubahanmu. Ketika Anda mengubah penampilanmu jangan mengesampingkan sisi kesehatannya ya. Jangan sampai karena ingin langsing, Anda melakukan diet ekstrem yang malah merusak tubuhmu. 

3. List Tujuan Hidupmu

Membuat list akan membantumu menargetkan dan fokus pada apa yang ingin Anda capai. Kadang kita lupa dan menyia-nyiakan banyak hal karena nggak ingat dan nggak fokus apa yang ingin Anda capai.

4. Tumbuhkan Jiwa Sosial

Ini juga penting. Yang harus diingat, niatkan bukan untuk pamer ya. Nanti malah jadi pencitraan. Selain nggak dapat pahala, kegiatan sosial yang Anda lakukan juga nggak akan mengubahmu menjadi lebih baik lagi karena Anda nggak mengerjakannya dengan hati atau dengan niat yang salah. Dengan menumbuhkan jiwa sosial, Anda akan lebih banyak bersyukur. Inner beauty Anda pun akan makin terpancar. Jangan salah Bela, banyak para lelaki yang memilih pasangannya karena inner beauty ini. Alasannya, inner beauty akan semakin cantik dengan bertambahnya usia, sedangkan kecantikan fisik akan menurun sejalan dengan bertambahnya usia.

5. Cintai dan Kenali Dirimu

Nah ini yang terpenting. Bagaimana orang akan mencintai dan mengenalmu kalau Anda saja nggak mencintai dan mengenal diri sendiri? Cara mencintai dan mengenali diri sendiri adalah dengan membuat daftar hal apa yang Anda sukai dan nggak sukai. Apa kelebihan dan kekuranganmu. Apa hal yang paling menonjol dalam dirimu. Dengan demikian, Anda bisa menyeimbangkan kekuranganmu dengan lebih menonjolkan kelebihanmu. Mencintai diri sendiri juga mempengaruhi rasa percaya diri. 

Posted 2020-05-18 11:29 by Marcomm Gmedia Share
  news