TIPS MENGATASI WIFI TIBA - TIBA HILANG


TIPS MENGATASI WIFI TIBA - TIBA HILANG

Sekarang, internet adalah salah satu kebutuhan wajib dalam hidup. Dengan adanya internet, hal yang terjadi dari tempat jauh pun dapat diketahui dalam waktu singkat. Memang, dunia terasa lebih kecil dengan kemunculan internet yang ajaib. Karena saking pentingnya, hal hal baru yang menunjang kemudahan para pengguna internet pun terus bermunculan.

Diantara banyaknya penunjang tersebut, salah satu yang paling terkenal adalah wifi. Dengan adanya wifi, sebuah perangkat akan bisa mengakses internet dengan pancaran sinyal yang berasal dari perangkat lain. Namun sekarang, terdapat beberapa masalah yang sering dialami para pengguna internet. Masalah tersebut berupa wifi tiba tiba hilang ketika sedang digunakan.

Wifi Tiba Tiba Hilang Saat Digunakan ?

Hilangnya sinyal wifi tentulah menyebabkan ketidaknyamanan bagi pengguna nya. mungkin ketidaknyamanan sementara dan mudah hilang akan terasa jika sinyal wifi yang hilang tersebut terjadi saat anda sedang bermain main dengan internet.

Tapi, ketidaknyamanan yang berkepanjangan akan terasa jika sinyal wifi tersebut hilang ketika sedang digunakan untuk hal penting.Hal ini tentulah tidak boleh dibiarkan. Jika terjadi secara terus menerus, anda sendiri pun tentu akan merasa sangat terganggu. Untuk itu, cara mengatasi masalah nya perlu diketahui.

Check Driver Wifi nya

Ketika sinyal wifi tiba tiba hilang, hal pertama yang bisa dilakukan adalah melakukan pengecekan pada driver wifinya. Mungkin saja, driver nya belum dinyalakan atau terdapat masalah lain. Untuk mengeceknya sebenarnya sangat mudah. Pertama, buka lah start menu dan buka lah properties dari PC anda. untuk memasukinya, cukup dengan klik kanan pada PC dan pilih “properties”.

Pada tab yang terbuka, pilih lah device manager hingga terbuka sebuah tab baru.berisi driver yang terinstall. Pilih lah menu network dan carilah wifi disana. pastikan lah semuanya telah berjalan normal dan driver wifi sudah nyala sempurna.

Cari Shortcut Wifi

Jika langkah pertama tadi sudah dikerjakan dan tidak terdapat masalah, selanjutnya anda pun perlu berlanjut ke langkah selanjutnya. Walaupun ini hanya masalah teknis, shortcut wifi seringkali hilang walaupun driver nya sudah terpasang. Untuk melakukan pengecekan pada shortcut, cara termudah adalah dengan membuka control panel. Diantara beberapa bilah, pilih lah network dan internet.

Akan muncul beberapa bilah selanjutnya dan disana, pilih lah network and sharing. Jika sudah, lihat lah ke sebelah kiri dan cari adapter setting. Buka lah dan daftar adapter pun akan terlihat. Disana, pastikan bahwa seluruh adapter telah menyala dengan bukti berupa tulisan enable. Jika ada wifi yang masih terdisable, cukup klik kanan dan pilih enable.

Ganti Wireless Card

Jika kedua poin di atas sudah dilakukan dan masalah belum ditemukan, dapat dipastikan bahwa wifi tersebut tidak memiliki masalah dalam softwarenya. Dapat dipastikan, masalah terdapat pada hardware atau wireless card itu sendiri.

Dengan itu, cara termudah menangani hal ini adalah dengan mengganti wireless card laptop tersebut dengan yang baru.Dapat dipastikan, wifi akan berjalan normal dan tidak mengalami masalah. Tapi ingat, jangan pernah asal dalam pemilihan wireless card.

Ada baiknya memiliki produk dengan harga tinggi asalkan sudah terbukti kualitasnya. Itu karena, produk dengan kualitas rendah hanya akan bertahan sementara dan bisa rusak dalam waktu singkat. Jika itu terjadi, anda lah yang akan dirugikan karena wireless card yang baru pun perlu diganti kembali.

Posted 2020-01-10 14:01 by Marcomm Gmedia Share
  news