BEBERAPA JENIS USB


BEBERAPA JENIS USB

Kalian tentu sudah tidak asing lagi dong dengan yang namanya USB? Benda yang satu ini sering digunakan sebagai penghubung antara berbagai perangkat. Dan tahukah kalian bahwa ada sangat banyak jenis dan tipe USB. Mungkin kalian hanya sering memakai salah satunya saja dan tidak mengetahui bahwa ada jenis USB yang lain. 

Jenis – jenis USB :

 

  • USB Standart Tipe A

 

USB tipe A ini sangatlah populer dan sering kita temui sehari-hari. Ia biasanya digunakan untuk menghubungkan berbagai hardware eksternal seperti mouse dan keyboard. Namun selain itu, USB tipe ini juga bisa digunakan untuk transfer data. Ia kompatible dengan berbagai jenis port mulai dari USB 1.1 sampai USB 3.0 yang ada baik pada perangkat komputer, DVD maupun console.

 

  • USB Standart Tipe B

 

USB Standart Tipe B memang tidak terlalu populer dan jarang digunakan. Biasanya berfungsi untuk menyambungkan perangkat eksternal seperti printer dan scanner. Dari segi bentuk, ia tidak terlalu lebar layaknya tipe A. Secara kasat mata pun kalian bisa dengan mudah membedakan keduanya.

 

  • Mini USB

 

Seperti namanya, tipe yang satu ini punya fisik yang lebih kecil daripada yang lain. Ia biasanya digunakan pada perangkat smartphone untuk proses charging. Namun selain itu juga bisa digunakan pada perangkat MP3 player ataupun kamera digital. Akan tetapi, tipe yang satu ini bisa dibilang kurang populer dan jarang digunakan.

 

  • Micro USB Tipe A

 

Ini adalah jenis USB yang lebih kekinian dan bersahabat dengan perangkat smartphone. Dari segi fisik, bentuknya persegi lebih lebar dan tipis daripada mini USB. Salah satu kelebihan jenis ini adalah kecepatan transfernya yang bisa mencapai 480 Mbps. Hal tersebut tentu akan mempercepat proses pemindahan data dari satu perangkat ke yang lainnya.

 

  • Micro USB Tipe B

 

Kalian mungkin sedikit kesulitan untuk mencari perbedaan antara tipe A dan B.

Pada bagian sampingnya, pada tipe B seperti terdapat lengkungan yang membuat bentuknya tidak murni persegi. Jenis yang satu ini juga banyak digunakan pada perangkat mobile seperti smartphone. Untuk kecepatan transfer juga sama saja dengan tipe A mencapai 480 Mbps.

 

  • USB Tipe C

 

Dari hari ke hari, teknologi USB pun terus dikembangkan. Dan kini telah hadir USB tipe C yang canggih dan memiliki kelebihan dari segi kecepatan transfer. Sekarang ini, USB tipe ini menjadi sangat populer dan mulai banyak digunakan pada berbagai perangkat pinter. Bahkan ketika mencari smartphone, spesifikasi yang mendukung USB tipe C adalah salah satu syarat utamanya.

 

  • Lighting

 

USB lightning ini diproduksi khusus oleh perusahaan Apple. Oleh karena itu ia hanya kompatible dengan perangkat Apple seperti iPhone dan iPad. Untuk fungsinya sendiri juga sama seperti USB pada umumnya, yaitu mengisi daya maupun transfer data.

 

  • USB OTG (On The Go)

 

Jenis USB yang satu ini berfungsi untuk menghubungkan dan membaca satu perangkat dari perangkat lainnya. Penggunaan yang paling populer adalah untuk membaca sebuah flashdisk dengan menggunakan smartphone. Ini tentu akan lebih praktis dan kita tidak perlu menggunakan PC untuk melakukannya. Akan tetapi, tidak semua jenis smartphone sudah mendukung fitur OTG. Untuk smartphone jadul nampaknya harus gigit jari karena tidak bisa merasakan fitur yang satu ini.

Posted 2019-11-05 08:37 by Marcomm Gmedia Share
  news