ALASAN WEBSITE DI HACK


ALASAN WEBSITE DI HACK

Beberapa kemungkinan yang menjadi alasan terjadinya aktivitas website di hack :

Plugins dan Theme Bajakan

Penggunaan plugins dan theme bajakan sudah kerap terjadi untuk beberapa orang yang ingin menggunakan theme premium yang disediakan oleh website yang tidak resmi, yang sebenarnya sudah di-inject script backdoor.

Username dan Password

Pemilihan username dan password juga harus tepat, selain username dan password ini sangat penting, juga dapat digunakan sebagai target brute force. Hindari penggunaan username admin, dan password yang juga admin. Kombinasikanlah password dengan huruf, angka dan simbol.

Antivirus

Perlu juga menggunakan software Antivirus pada komputer yang digunakan, karena bisa saja backdoor tersebut terinfeksi pada salah satu file yang Anda upload ke website karena komputer yang Anda gunakan terinfeksi virus.

Public WiFi

Perlu berhati-hati dalam menggunakan sebuah koneksi jaringan, jika Anda menggunakan Public WiFi, maka biasanya setiap memasukkan password ke dalam website akan tercatat di logs. Mulai gunakan koneksi jaringan pribadi, hindari public wifi.

Maintenance Website

Sering-seringlah untuk melakukan maintenance website, karena jika Anda jarang melakukan itu, akan banyak bug atau celah yang terbuka karena menggunakan versi lama.

Server Buruk

Sebagai pokok penting berdirinya sebuah website, Anda juga harus hati-hati dalam memilih server VPS atau Hosting. Jika pokok pentingnya saja sudah buruk, bagaimana dengan website yang ditaruh di dalamnya? Tentu saja akan berpikir dua kali untuk bertahan dengan VPS atau Hosting seperti itu.

Kurangnya Peduli Security

Rata-rata pengguna internet di Indonesia tidak peduli dengan kesadaran akan pentingnya security, apalagi dengan istilah Malware, Phishing, mungkin kebanyakan pengguna internet di Indonesia kurang memahami hal tersebut bahkan terdengar asing, padahal resource untuk informasi tersebut tersedia luas di internet. Yuk, mulai sekarang peduli dengan pentingnya security.

Banyak sekali kejadian aktivitas hacking pada sebuah website, dikarenakan kurangnya peduli dengan keamanan. Sehingga jika aktivitas hacking ini terjadi, provider hosting tidak dapat disalahkan sepenuhnya

Posted 2019-10-04 08:01 by Marcomm Gmedia Share
  news