PERBEDAAN BACKUP DAN RESTORE


PERBEDAAN BACKUP DAN RESTORE

Sebagian orang beranggapan bahwa istilah backup dan restore memiliki makna yang sama. Memang, secara umum kedua istilah tersebut saling berkaitan dan mendukung antara satu dengan yang lainnya. Backup dan restore sama-sama bertujuan untuk memberikan keamanan pada setiap data penting yang terdapat pada sistem komputer Anda. Akan tetapi, terdapat perbedaan antara backup dan restore yang perlu Anda ketahui.

Backup merupakan proses menyalin data kedalam suatu media penyimpanan untuk mengamankan data dari hal yang tidak diinginkan, seperti data hilang, data yang rusak atau corrupt akibat virus dan sebagainya. Sedangkan, restore merupakan proses pengembalian data yang sudah di backup kedalam bentuk semula seperti yang terdapat pada sistem pertama kalinya.

Seperti pada sistem operasi Windows yang telah menyediakan fitur backup dan restore secara bersamaan. Backup pada Windows digunakan untuk memperbaiki sistem komputer sehingga Anda tidak perlu melakukan install ulang jika terjadi masalah. Anda hanya perlu menyalin data ke suatu media penyimpanan.

Disinlah fitur restore berperan sebagai pelengkap backup, yang akan mengembalikan data ke tempat semula dalam interval waktu ketika akan melakukan backup. Atau dapat dikatakan restore sebagai fungsi undo pada sistem komputer tanpa memengaruhi file penting yang ada didalamnya.

Posted 2019-09-17 09:14 by Marcomm Gmedia Share
  news