5 TUJUAN KEAMANAN KOMPUTER


5 TUJUAN KEAMANAN KOMPUTER

Keamanan komputer yang dikenal dengan cyber security merupakan keamanan informasi yang diterapkan didalam komputer  maupun jaringannya. Tujuannya ialah untuk membantu user/pengguna bisa mencegah terjadinya penipuan, ataupun bisa mendeteksi jika ada usaha untuk penipuan pada sebuah sistem dengan berbasis informasi. Penerapan keamanan komputer memiliki banyak manfaat yaitu sebagai sumber penjaga bagi sistem agar tidak diganggu, dimodifikasi, interupsi dan tidak digunakan oleh user yang tidak berwenang. Sistem keamanan komputer dapat diidentifikasikan malalui beberapa masalah seperti majerial, teknis, politisi, dan legalitas. Keamanan komputer meliputi 2 hal yaitu vulnerabillity/kelemahan sistem dan threats/ancaman. Keamanan di komputer menjadi sesuatu hal yang sangat penting. Berikut beberapa tujuan Keamanan Komputer :

1. Availability

Aspek availability berkaitan dengan ketersediaa data/informasi apakah diperlukan atau dibutuhkan. Jika suatu informasi/data tersebut memiliki akses yang sulit artinya keamanannya telah dibuat dengan integritas tinggi. Apabila akses data lambat akan menghambat untuk tercapainya aspek availability ini. Aspek ini sering diserang pada sistem DoS (Denial of Service), yaitu akan menggagalkan service ketika ada permintaan informasi/data sehingga komputer yang sedang beroperasi tidak bisa untuk melayaninya.

2. Integrity

Aspek integrity mengacu kepada sebuah informasi yang hanya dapat diubah oleh pemilik informasi artinya tidak boleh diubah oleh orang lain. Terkadang ada beberapa data yang sudah dienskripsi namun integritasnya tidak terjaga dikarenakan chapertext pada enkripsi itu telah berubah. Integrity bertujuan agar data yang disampaikan utuh, konsisten dan sama. Sehingga tidak terjadi suatu perubahan atau penyisipan yang dilakukan oleh attacker pada informasi tersebut. Integrity berhubungan dengan validasi informasi dengan verifikasi pada komputer.

3. Control

Tujuan dari keamanan komputer yang ketiga ialah control artinya segala informasi yang terdapat pada komputer bisa di jaga, diawasi atau di control. Sehingga data tersebut dapat dimonitoring segala aktifitasnya dalam sistem komputer.

4. Audit

Aspek audit pada keamana komputer memiliki peranan yang sangat penting, yaitu untuk mengetahui log, selain itu juga bisa dipakai untuk mengecek komputer apakah terdapat kelemahan-kelemahan pada sistemnya, mencari dan mengetahui kelemahan komputer serta untuk improvement.

5. Confidentiality

Aspek confidentiality ialah jika kita memberikan atau mengirim data kepada orang lain untuk tujuan tertentu/khusus penyebarannya akan tetap terjaga dengan baik. Misalnya data pribadi seseorang: nama, nomor telephon, nomor KTP, alamat, dan sebagainya. Tujuan dari confidentiality ialah menjaga kerahasiaan pada komputer agar tidak disalah gunakan oleh orang tidak bertanggung jawab terutama attacker. Untuk itu dilakukan beberapa tindakan seperti cyrptography, menggunakan secure mode dan membatasi akses.

Posted 2019-09-09 12:25 by Marcomm Gmedia Share
  news