PERANAN FUNGSI ISP BAGI KEBUTUHAN BISNIS ANDA


PERANAN FUNGSI ISP BAGI KEBUTUHAN BISNIS ANDA

Internet Service Provider atau Penyelenggara Jasa Internet adalah rekanan atau produsen yang memberikan jasa layanan akses internet atau media komunikasi dan informasi berbasis online. Internet Service Provider memiliki jaringan yang luas, baik secara domestik maupun internasional sehingga para penggunanya dapat terkoneksi dengan jaringan internet global. Jaringan internet tersebut merupakan media transmisi yang mampu mengalirkan data-data dari satu tempat ke tempat lainnya. Media transmisi ini berupa kabel, modem dan jalurnya, radio atau VSAT. Layanan koneksi internet dari ISP bisa dibedakan menjadi dua kategori, yaitu :

1. Modem (Dial-up)

Koneksi dial-up ini biasanya biayanya murah atau bahkan gratis dari perusahaan penyedia layanan internet. Media yang digunakan adalah kabel telepon biasa yang dipasang di rumah/ kantor.

2. Jalur Lebar (BroadBand)

Koneksi internet dari broadband merupakan jaringan internet nirkabel, ISDN, DSL, kabel modem, atau satelit. Umumnya koneksi internet broadband memiliki koneksi internet yang lebih cepat, namun cenderung lebih mahal.

Pada dasarnya fungsi ISP adalah sebagai perusahaan penyedia layanan koneksi internet bagi masyarakat umum. Jika tidak ada produk ISP, Anda tidak akan bisa menikmati akses jaringan internet seperti yang biasa Anda nikmati. Berikut ini adalah peranan dan fungsi ISP :

  • Sebagai perusahaan penyedia layanan jasa koneksi internet
  • Penghubung pengguna internet ke gateway internet terdekat
  • Sebagai media penghubung pengguna jasa internet dengan layanan informasi yang ada di World Wide Web (WWW)
  • Penyedia tempat untuk homepage
  • Sebagai media yang membantu pengguna jasa untuk aktivitas download dan upload data dari internet
  • Dan lain-lain

Untuk cara kerja ISP sendiri adalah dengan cara, setelah pihak pengguna layanan ISP melakukan permintaan akses internet pada ISP maka ISP akan me-routing jaringannya ke perangkat yang dimiliki  pengguna, seperti access point, router dan lain-lain. Selanjutnya, pengguna dapat menggunakan dan menikmati akses internet pada perangkat yang mereka miliki, bahkan dapat memilih tipe jaringan mana yang diinginkan dan sesuai dengan kebutuhan.

Posted 2019-07-08 13:01 by Marcomm Gmedia Share
  news