CEGAH BAHAYA HACKER UNTUK KEAMANAN DATA


CEGAH BAHAYA HACKER UNTUK KEAMANAN DATA

Komputer atau laptop Anda sering hang, lambat, atau mati tiba-tiba? Mungkin komputer Anda sedang terjangkit oleh virus. Banyak spekulasi mengenai asal mula virus komputer. Diantaranya adalah sebagai alat spy atau mata-mata, peretasan sistem, pencurian data, hingga perusakan sistem komputer. Telah banyak daftar antivirus komputer yang beredar untuk mengatasi virus-virus tersebut. Mungkin pernyataan ini agak aneh, namun pembuatan virus juga tidak jauh dari bisnis perusahaan-perusahaan IT. Dengan adanya penyebaran virus komputer, tentu diperlukan penangkalnya yakni antivirus. Hal tersebut merupakan ladang bisnis bagi perusahaan penyediaan software aplikasi berbasis security, yakni membuat dan memasarkan antivirus mereka. Jauh dari prasangka negatif, Anda juga patut bersyukur dengan adanya perusahaan yang menyediakan antivirus sehingga Anda merasa aman dari serangan-serangan virus terhadap komputer yang Anda gunakan. Berikut daftar antivirus komputer yang sering  direkomendasikan :

1.Eset Antivirus

Software antivirus komersial buatan perusahaan Eset. Produk Eset ini terbagi menjadi beberapa jenis, namun yang paling umum digunakan untuk komputer pribadi adalah Eset Smart Security dan Eset NOD32 Antivirus. Setiap produk memiliki fitur masing-masing. Perbandingan dan kelebihan fitur-fitur tambahan menjadi tolak ukur terhadap harga yang dipasang untuk setiap produk. Antivirus yang satu  ini tergolong antivirus yang ringan namun sangat bisa diandalkan untuk menangkap dan membersihkan komputer dari serangan dan infeksi virus komputer, tentunya dengan melakukan update reguler.

2.Comodo Antivirus

Software yang sifatnya freeware dan komersial. Comodo Antivirus terbilang ampuh dalam mengusir virus yang mencoba menginfeksi data-data di komputer, baik secara lokal atau melalui jaringan karena telah dilengkapi dengan fitur firewall. Harga gratis dengan fitur yang menjanjikan menjadi kelebihan tersendiri bagi antivirus yang satu ini. Comodo Antivirus tersedia untuk sistem operasi Windows, Mac dan Linux.

3.Avira Antivir

Software antivirus yang sudah tua. Antivirus dengan logo brand gambar payung ini masih menjadi antivirus favorit pengguna komputer, terutama di Indonesia. Seiring perkembangan teknologi, perusahaan Avira Antivir terus melakukan inovasi untuk memberikan pelayanan pengamanan komputer kliennya terhadap serangan virus.

4.Avast Antivirus

Pernah dengar antivirus yang berbicara ketika mendeteksi gangguan keamanan sistem komputer? Yah, itulah Avast Antivirus. Produknya juga terbagi menjadi freeware dan komersial, dimana produk komersil memiliki fitur yang lebih dibandingkan dengan  produk freeware. Fitur “sandbox” pada Avast Antivirus memungkinkan untuk menjalankan aplikasi secara terisolasi, sehingga keamanan sistem komputer tetap terjaga.

5.Windows Defender

Pihak Microsoft telah menyediakan antivirus khusus Windows yaitu Windows Defender. Sebagai pengembang Windows, tentu Microsoft lebih mengetahui algoritma pertahanan dan proses scan sistem dan ditanamkan pada antivirus ini. Windows Defender hanya tersedia untuk Windows 8 ke atas. Bagi pengguna Windows Vista/7 dapat menggunakan Microsoft Security Essential (MSE).

Posted 2019-06-11 12:17 by Marcomm Gmedia Share
  news