KELOLA WEBSITE AGAR LEBIH INTERAKTIF


KELOLA WEBSITE AGAR LEBIH INTERAKTIF

Untuk membuat  website Anda hanya memerlukan tiga hal, yaitu domain, web hosting dan content. Hal berikutnya yang perlu Anda lakukan yaitu mengelola website Anda. Mengelola website bukan hanya membuat dan menulis artikel, namun masih ada hal lain yang harus Anda pahami dan lakukan setelah website selesai dibuat. Hal ini sangat penting karena apa arti sebuah website jika tidak ada pengunjung. Berikut tips yang dapat Anda manfaatkan untuk website Anda :

1. Berikan Waktu Pada Website Untuk Tumbuh dan Berkembang

Setelah website dibuat dan artikel ditulis maka sekiranya diperlukan waktu tiga hingga lima bulan hingga website mendapatkan audience/pengunjung/traffic tetap. Hal ini karena mesin pencari “google,yahoo,bing,dll” masih mengamati website yang masih baby (dalam masa tumbuh kembang) dan melakukan penilaian terhadap kualitas dari artikel/content yang ada di website baru tersebut. Jadi bersabarlah kalau website Anda belum muncul di “google”. Memang  prosesnya seperti itu dan tidak bisa instan, kecuali Anda mau mengeluarkan banyak uang untuk melakukan kampanye dan membayar tenaga ahli (mengeluarkan uang pun perlu waktu). Jadi kesimpulannya memang sebuah website memerlukan waktu untuk tumbuh dan berkembang hingga mendapatkan audience tetap.

2. Konsisten Menulis Content/Artikel

Jeda waktu 3-5 bulan ini bisa Anda manfaatkan untuk fokus menulis content original dan berkualitas. Robot-robot mesin pencari akan terus memindai setiap hari website yang baru Anda buat, robot/agen ini lah yang akan memberikan penilaian isi/content/artikel di dalam website milik Anda layak atau tidak untuk direkomendasikan ke pengguna mesin pencari tersebut. Jika content Anda lebih bagus dari content pesaing, maka mesin pencari akan merekomendasikan content milik Anda dengan cara meletakan list website Anda di halaman pertama hasil pencarian “misal google”.

3. Google Webmaster Tool dan Google Analytics

Hampir semua orang tau google dan menggunakan mesin pencari google untuk mencari informasi yang mereka perlukan, oleh karena itu Anda harus mendaftarkan website yang baru Anda buat ke mesin pencari google agar google merekomendasikan website ke orang yang menggunakan mesin pencari google. Jangan lupakan juga untuk memonitor traffic website Anda menggunakan google analytics yang merupakan bagian dari google webmaster tool. Agar website Anda direkomendasikan ke orang yang sedang mencari informasi menggunakan google maka Anda perlu mendaftarkan website ke mesin pencari google menggunakan google webmaster tool. Dengan google webmaster tool, Anda bisa melihat statistik pengunjung dari website milik Anda, dari data tersebut Anda bisa melihat artikel mana yang banyak dikunjungi dan bisa dijadikan dasar untuk pengembangan dan optimasi content.

4. Menggunakan WWW dan SSL

Menggunakan www dan SSL memberi tambahan nilai plus untuk website terutama untuk perusahaan atau website bisnis.

Posted 2019-05-14 12:09 by Marcomm Gmedia Share
  news