MENGATASI WIFI LIMITED ACCESS


MENGATASI WIFI LIMITED ACCESS

Limited WiFi Access merupakan masalah yang sering dialami oleh laptop saat menggunakan WiFi. WiFi yang memiliki status Limited Access biasanya tidak dapat digunakan untuk browsing, streaming, dan melakukan aktivitas online karena ip yang didapatkan dari wireless router tidak bisa terkoneksi atau konfigurasi IP address salah.  Pembatasan akses wifi bisa juga berpengaruh misalkan pemilik WiFi hanya membatasi 10 user yang dapat terkoneksi dengan wireless router sehingga pengguna yang tidak akan bisa terkoneksi. Biasanya pembatasan ini berguna untuk membatasi bandwidth yang diperoleh agar tidak terlalu banyak perangkat yang tersambung ke WiFi sehingga akses internet menjadi lambat. Untuk mengatasi hal diatas, berikut ini beberapa tips yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah tersebut :

  1. Mengubah IP Address ke mode static

Biasanya IP yang di dapat laptop menggunakan DHCP Server bisa Anda ubah ke mode static. Namun Anda harus tahu alamat IP DHCP dari wireless router baru bisa Anda ubah ke mode static dengan cara :

Masuk ke Control Panel > All Control Panel Items > Network and Sharing Center > Change adapter setting

- Pilih menu ‘Connections’ yang terdapat tulisan : Wireless Network Connection

- Klik nama WiFi tersebut Klik tombol ‘Properties’ Pilih ‘Internet Protocol Version 4 (TCP/Ipv4). Klik ‘Properties’ dan isi IP Address sesuai dengan IP yang diberikan oleh Wireless Router yang anda gunakan Akhiri lalu terakhir klik ‘OK’

  1. Install Ulang Driver Adapter WiFi laptop

Adapter WiFi yang hilang bisa juga menjadi penyebab WiFi limited Access, Anda hanya perlu install driver WiFi di laptop dengan DVD bawaan  dari laptop pada saat Anda beli. Gunakan driver yang sesuai jika WiFi adapter menggunakan Atheros maka pake driver bawaan dari Atheros.

  1. Disable enable Adapter WiFi di Laptop

Lakukan disable dan enable adapter WiFi dengan cara sebagai berikut

- Klik Control Panel

- Pilih Network and Internet

- Lalu klik Network and Sharing Center

- Pilih Change Adapter Setting

- Klik kanan pada Wireless Network Connection

- Lalu pilih Disable

- Tunggu sekitar 2 menit

- Lalu klik kanan lagi dan pilih Enable

- Connect kembali ke wifi

 

Bila permasalahan belum juga dapat diatasi, ada baiknya Anda menghubungi Internet Service Provider yang Anda gunakan.

Posted 2019-05-10 12:26 by Marcomm Gmedia Share
  news