TIPE ACCESS POINT DALAM KONEKSI INTERNET


TIPE ACCESS POINT DALAM KONEKSI INTERNET

Wifi menjadi pencarian setiap orang saat sedang jalan-jalan ke pusat perbelanjaan atau sekedar nongkrong di cafe, yang akan Anda lakukan menonaktifkan data seluler yang ada di gadget Anda kemudian menggantinya dengan sambungan wifi. Bila koneksi internetnya sangat memuaskan sehingga Anda bisa browsing atau menikmati sosial media dengan lancar bahkan saat Anda berpindah-pindah ruangan di pusat perbelanjaan itu sinyal wifi terbilang stabil dan tidak ada masalah.

Access point merupakan salah satu perangkat dalam jaringan komputer yang berguna untuk membuat jaringan nirkabel yang sifatnya lokal atau disebut dengan istilah Wireless Local Area Network (WLAN). Pada access point terdapat antena dan transceiver, komponen ini bertugas untuk memancarkan dan menerima sinyal dari client server ataupun menuju client server. Untuk bisa memancarkan sinyal wifi tersebut, biasanya access point akan disambungkan ke perangkat keras seperti router, hub atau switch melalui kabel ethernet. Dengan keberadaan access point ini sinyal wifi dapat menjangkau semua ruangan atau area walaupun banyak tembok atau sekat yang menghalangi. Cukup dengan bermodalkan password yang ada pada access point Anda bisa menikmati koneksi internet tanpa batas dengan lancar. Access point ada tiga macam yaitu access point indoor, access point outdoor dan access point router.

Access point memiliki fungsi utama sebagai pemancar sinyal internet. Tak hanya itu, access point memiliki beberapa fungsi lainnya, seperti bisa dipakai untuk mengatur akses yang ada di suatu perangkat berdasarkan MAC address, sebagai Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP) server sehingga mampu memberikan IP address di setiap perangkat yang terhubung. Fungsi lainnya yakni menggantikan fungsi hub yang menghubungkan jaringan lokal nirkabel dengan jaringan kabel. Disamping ketiga fungsi tersebut, access point dapat memberikan fitur keamanan WEP (Wired Equivalent Privacy) dan WAP (Wireless Application Protocol) .

Tipe Access Point

  1. Access Point Mode (AP Mode)

Perangkat ini berfungsi untuk menyalurkan sambungan kabel ke nirkabel. Mempunyai kinerja menyerupai switch dan letaknya ada di belakang router. Tipe ini umumnya dipakai di tempat-tempat yang hanya menyediakan jaringan kabel.

  1. Repeater Mode

Alat ini dipakai untuk menambah jangkauan nirkabel dengan SSID (Service Set Identifier) dan keamanan yang serupa. Alat ini dipakai untuk memperkuat sinyal pada tempat-tempat yang sudah memiliki jaringan wireless tapi pemancaran sinyal kurang merata. Repeater mode ini hanya memiliki satu SSID saja yang memungkinkan Anda untuk mengakses di seluruh tempat.

  1. Bridge Mode

Cara kerja dari bridge mode ini dengan membuat dua jaringan individu dalam satu internet untuk dua grup. Bridge mode ini menggunakan jaringan nirkabel dan menyebarnya dengan menggunakan SSID serta password yang sama. Bridge mode ini mendukung tempat-tempat seperti restaurant, kantor bahkan rumah yang menyediakan layanan internet tanpa harus menggunakan sandi.

  1. Client Mode

Client mode banyak digunakan pada smart TV, media player, konsol game dan perangkat lain yang hanya memiliki port ethernet.

  1. Wireless Router Mode

Dengan mode ini Anda dapat berbagi satu koneksi internet kabel ke beberapa perangkat. Pada mode ini hanya ada satu port WAN (Wide Area Network) yang mendukung beberapa jenis koneksi. Maka apabila anda melakukan akses internet dari DSL atau modem kabel yang disediakan untuk satu user saja, wireless router mode ini adalah pilihan yang tepat.

  1. AP Client Router Mode

AP client ini memungkinkan Anda untuk terhubung ke jaringan nirkabel dan berbagi koneksi ke yang lain. Tipe ini dipakai bagi wireless station yang membatasi jumlah pengguna serta mensyaratkan pengisian username dan sandi agar bisa terhubung ke jaringan.

Posted 2019-04-10 13:11 by Marcomm Gmedia Share
  news