MEMAHAMI SEGALA HAL TENTANG BIG DATA


MEMAHAMI SEGALA HAL TENTANG BIG DATA

Tahukah Anda bahwa garis berwarna merah yang menjadi pertanda pada jalur di Google Maps adalah sekumpulan data yang dimiliki oleh Google. Mulai data dari pencitraan satelit, berbagai sensor yang dipasang di jalanan, hingga input para pengguna Google Maps yang dideteksi oleh Google melalui GPS yang diaktifkan pada ponsel pintar pengguna. Untuk skala yang lebih luas, Anda tentu sering kan menerima notifikasi dari Google yang meminta Anda mereview kondisi jalanan yang Anda lewati? Secara sederhana, itulah yang disebut sebagai big data.

Big data adalah kumpulan data atau informasi dalam jumlah yang sangat besar dan memiliki jenis yang beragam. Situs web mulai dari apa yang Anda kunjungi, apa yang Anda klik, berapa lama Anda berkunjung di sebuah situs web, kemana Anda mengetik tujuan melalui Google Maps, apa yang Anda beli via situs jual-beli Online, dari mana ke mana saat Anda bepergian menggunakan aplikasi ojek online, apa saja Aplikasi yang terinstall di ponsel pintar milik Anda.

Sebagaimana diungkapkan oleh Andrew McAfee dalam tulisannya berjudul “Big Data: The Management Revolution” mengungkapkan bahwa ada tiga hal yang signifikan jika kita merujuk big data :

1. Volume

Big data adalah buah dari revolusi digital yang saat ini sedang melanda dunia. Pada tahun 2012, McAfee mengungkapkan bahwa tercipta 2,5 exabytes setiap harinya. Setiap 40 bulan, angka tersebut meningkat dua kali lipat. Sebagai contoh, salah satu perusahaan retail yang menghasilkan data dalam jumlah yang besar adalah Walmart. Perusahaan tersebut menghasilkan 2,5 petabyte setiap jam dari para pelanggannya. Dengan data yang besar tersebut, Walmart bisa menganalisis tingkah laku belanja pelanggannya dengan lebih baik.

2. Velocity

Kecepatan mampu membuat peluang bagi perusahaan untuk memenangkan persaingan dengan lebih baik. Big data, selain menyajikan data atau informasi yang besar, ia harus pula memberikan analisis yang cepat.

3. Variety

Google Maps salah satu contohnya Informasi mulai dari pencitraan satelit, berbagai sensor di jalanan, dan review pengguna adalah ragam informasi atau data yang wajib dimiliki big data. Dengan menggunakan big data dalam pengambilan keputusan, perusahaan-perusahaan yang mengisi posisi tiga besar dalam berbagai industri, mengungkapkan bahwa mereka 5 persen lebih produktif dan 6 persen lebih menguntungkan daripada kompetitor yang tidak memanfaatkan big data. Big data, dapat diimplementasikan ke segala bidang.

Posted 2019-03-15 14:01 by Marcomm Gmedia Share
  news