5 HAL PERLU DIPERHATIKAN JIKA ANDA INGIN MENDAPATKAN KONEKSI JARINGAN KOMPUTER BAGUS


5 HAL PERLU DIPERHATIKAN JIKA ANDA INGIN MENDAPATKAN KONEKSI JARINGAN KOMPUTER BAGUS

 

Jaringan komputer adalah sebuah jaringan yang berguna untuk pertukaran informasi antar komputer dengan sebuah data. Bayangkan saja bila jaringan komputer yang dipasang oleh penyedia provider kurang bagus, perusahaan tersebut menjadi lambat dalam mendapatkan informasi, setelah itu akan berimbas pada proses produksinya yang mendapat banyak gangguan, serta bila proses produksi terganggu maka pendapatan dari perusahaan tersebut otomatis terganggu. Lantas hal – hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam pembuatan sebuah jaringan komputer untuk dapat mendapatkan jaringan komputer yang bagus?

1.Interfaces Jaringan
Semua komputer memiliki interface masing – masing yang digunakan untuk saling terhubung ke jaringan. Interface tersebut biasanya dimiliki komputer dalam bentuk NIC (Network Interface Card). Selain komputer, ada beberapa devices yang memiliki NIC juga, seperti HUB, Switch, dan Router. Dari interface jaringan ini yang perlu dilihat adalah jenis slot, Kecepatan yang dimiliki NIC, dan kompatibilitas dari NIC.

2.Media Transmisi
Media transmisi adalah suatu alat penghubung antar komputer dengan perangkat jaringan lain. Media transmisi yang digunakan saat ini masih ada 2 macam, yaitu dengan kabel dan nirkabel. Untuk kabel terdapat 4 jenis, yaitu :
a.UTP (Unshielded Twisted Pair),
b.STP (Shielded Twisted Pair)
c.Coaxial
d.Fiber Optik.
Untuk jenis kabel yang perlu diperhatikan guna membuat suatu jaringan komputer yang bagus adalah kecepatan transfer, panjang maksimum dari kabel tersebut serta jenis konektor yang digunakan.

3.NOS ( Network Operating System)
NOS berguna untuk menunjang kinerja dari jaringan komputer, termasuk dalam pendukung system keamanan, sharing, dan juga client server. Beberapa OS yang berguna untuk keamanan jaringan yaitu Linux, sedangkan untuk server yaitu Windows 2003, 2008, dan 2012, dan client dapat menggunakan windows XP dan versi yang lebih bagus dari XP.

4.Network Device
Network device adalah sebuah peralatan yang digunakan untuk penunjang system jaringan. Contoh alat network device adalah Switch, Hub, Repeater, Router, dan Modem.

5.Network Protocol
Network protocol adalah aturan – aturan yang digunakan sebuah jaringan komputer untuk setiap kompone – komponen dari jaringan komputer tersebut untuk harus berkomunikasi. Protocol sendiri pada dasarnya dibedakan menjadi 3 sesuai dengan kegunaannya, yaitu :
Communication protocol (IP, IPX, dan Netbeui)
Transport protocol (TCP dan UDP)
Applications protocol (FTP, HTTP, HTTPS, dan lain sebagainya)
Kelima hal tersebut adalah sebuah dasar yang sangat penting untuk membangun jaringan komputer yang baik. Bila dasarnya saja tidak diberikan hal yang bagus, maka keluarannya juga akan semakin membengkak.

 

Posted 2019-03-14 22:50 by Marcomm Gmedia Share
  news