OPTIMALISASI DENGAN MANAGE SERVICE DI DUNIA TEKNOLOGI INFORMASI


OPTIMALISASI DENGAN MANAGE SERVICE DI DUNIA TEKNOLOGI INFORMASI

 

Managed services adalah sebuah layanan yang dilakukan oleh perusahaan lain untuk mengerjakan serangkaian pekerjaan dalam pengawasan dan pengelolaan untuk meningkatkan kinerja perusahaan yang memakai jasa managed services. Managed service dapat memberikan dukungan secara menyeluruh demi kelancaran operasional IT perusahaan sehingga dapat terbebas dari gangguan hingga masa yang akan datang.

 

Layanan managed service dapat terbagi 3, yakni:
1.Hardware.

Sebagai pendukung infrastruktur IT, mulai dari perencanaan strategis, penentuan perangkat IT apa saja yang akan di pakai atau di upgrade dan yang mana yang di pertahankan, serta sampai pada jasa perawatan perangkat infrastruktur IT.
2.Software.

Bagi perusahaan yang sedang menyadari bahwa aplikasi pendukung di kantornya telah berkurang, maka dalam hal ini jasa managed service dapat mengevaluasi sampai melakukan penggantian software guna mengupgrade kebutuhan yang semakin berkembang.

3.Konsultasi.

Jasa ini termasuk untuk memberikan laporan, pendapat, serta saran-saran yang berguna untuk kelancaran operasional IT perusahaan.

 

Jasa managed service diperuntukan guna berbagai bidang, seperti berikut  :

1.Data Center Perusahaan
Memberikan layanan jasa manajemen data center, server storage network management, managed network service, serta perencanaan kelanjutan bisnis akibat bencana (Disaster Recovery Planning and Bussiness Continuity Planning Service), sampai pada platform manajemen yang dapat mengintergrasikan beberapa server perusahaan pengguna jasa menuju ke satu sistem dapat diawasi dan dikendalikan dengan mudah.


2.Security Service
Memberikan perlindungan (proteksi) dari gerbang awal jaringan hingga ke semua perangkat IT.

 

3.End User Management
Memberikan berbagai macam layanan, dari pengawasan aset IT yang mencakup hardware dan software, desktop management yang memberikan pengawasan ke semua perangkat yang digunakan oleh seluruh pegawai agar tidak terjadi gangguan, mengadakan aplikasi-aplikasi untuk memudahkan pegawai dan demi kelancaran operasional perusahaan  yang meliputi aplikasi kolaborasi, komunikasi internal perusahaan, email dan sebagainya.

 

Standar layanan jasa managed services telah di atur pada masing-masing bidang, misal untuk data center internal maka kualitas layanannya mengacu pada sistem up time, jika untuk hal lainnya maka kualitas layanannya mengacu pada optimal dan efektifitas. Menentukan jasa penyedia managed service juga sangat penting agar layanan yang diberikan dapat memecahkan masalah serta para staff IT perusahaan lebih dapat fokus mencari tau kebutuhan selanjutnya yang di perlukan untuk mengikuti kemajuan perusahaan.

Posted 2019-03-13 23:38 by Marcomm Gmedia Share
  news