MANFAAT FITUR TAMBAHAN INSTAGRAM GUNA DONGKRAK BISNIS UMKM


MANFAAT FITUR TAMBAHAN INSTAGRAM GUNA DONGKRAK BISNIS UMKM

 

Menurut riset dari konsultan bisnis IPSOS, 52% UKM Indonesia memilih mengembangkan bisnis mereka melalui akun instagram sebagai media digital marketing untuk mengarahkan pelanggan ke situs web mereka. Hasil survei menunjukan bahwa 81% masyarakat Indonesia menjadi satu dari lima negara yang memiliki jumlah pengguna Instagram bisnis terbesar di dunia.

Hal tersebut menjadi modal bagi para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) untuk mengekspansi bisnis mereka.

Berikut 6 fitur instagram yang dapat dimaksimalkan bagi pelaku bisnis UMKM untuk mengembangkan bisnis :

1. Insights
Fitur insights membantu memberi tahu Anda informasi penting tentang followers Anda dan postingan mana yang memiliki jangkauan dan engagement antara pelanggan paling tinggi. Dengan informasi ini,memberikan masukan bagi pengguna bisnis untuk menganalisis siapa saja yang masuk ke profil bisnisnya. Seperti informasi demografi, usia, serta minat konsumen terhadap bisnisnya. Kelebihan fitur ini membantu para pelaku UKM untuk mengetahui preferensi konsumen yang dapat membuat konten lebih relevan dan sesuai untuk following Anda.

 

2. Auto Reply

Social Commerce merupakan tipe konsumen yang sering menanyakan berbagai produk informasi yang tertera, menurut survey Instagram dan IPSOS 82% pebisnis sering menggunakan fitur auto replay untuk mengontrol komunikasi dengan pelanggan dengan balasan cepat. Dengan mengatur menu di pengaturan bisnis kemudian tulis balasan yang bersifat baku sesuai jawaban Anda, maka jika ada konsumen  yang bertanya mengenai produk Anda akan terbalas secara otomatis bersama ikon GIF & foto.

 

3. Stories

Menurut CEO Instagram, setiap harinya ada 400jt pengguna yang sering mengupload kegiatan mereka melalui stories. Disitulah stories menjadi alat promosi yang menarik untuk konsumen yang mengikuti akun Anda. Dari stories, Anda dapat memasukan konten promosi seperti testimoni, unboxing produk bahkan promo menarik kuis merchandise yang diberikan terhadap follower Anda. Indonesi menjadi negara jumlah kreator Instagram stories terbanyak didunia yang mana 52% konsumen intagram lebih tertarik dengan brand setelah melihat stories.
Stories menjadi alat promosi yang cukup menarik.

 

4. Hashtag

Manfaat penggunaan hashtag bagi pebisnis, seorang admin dapat membuat hashtag dengan konten unik  yang mudah dijcari oleh pengguna sesuai kebutuhan. Kebanyakan profil yang dikunjungi oleh instagram bisnis berasal dari non followers yang sedang mencari pruduk yang mereka gunakan.

 

5. Live

Dengan fitur live yang disediakan oleh CEO instagram, Anda seorang pebisnis jika sedang megadakan kegiatan dapat direkam secara langsung agar follower yang mengikuti Anda dapat merespon dengan bertanya langsung sesuai produk yang ditampilkan.

 

Dengan 700 juta pengguna aktif setiap bulannya, menjadi kekuatan penyampaian bisnis Anda. Instagram telah mengalami banyak perubahan dan menjadi sebuah platform yang memungkinkan pengguna membangun identitas visual bisnis mereka. Pengguna Instagram menghargai konten berkualitas tinggi. Buat foto dan video yang memberi pengguna Anda informasi menarik dengan cara baru. Optimalkan konten Anda dengan menulis nada menghibur yang mendorong engagement pelanggan.

Posted 2018-12-03 14:04 by Marcomm Gmedia Share
  news