LINDUNGI DIRI DARI BISNIS PENIPUAN ONLINE


LINDUNGI DIRI DARI BISNIS PENIPUAN ONLINE

Berbagai kemudahan belanja online membuat Anda lebih mudah mencari berbagai barang. Hanya dengan koneksi internet dan akun rekening, Anda dapat bertransaksi dimanapun kapanpun. Namun, seiring banyaknya transaksi online, smakin banyak penipuan bermunculan di dunia maya. Angka kerugian yang dialami korban penipuan online terbilang cukup besar, hingga puluhan juta rupiah dari pembelian barang di internet.

 

Guna menghindari penipuan saat belanja online , simak tips berikut :

 

1. Identitas Profil Perusahaan

Baca halaman tentang identitas perusahaan secara lengkap mulai dari alamat offline, profil, dan nomor kontak agar Anda tahu kredibilitas perusahaan tersebut. Situs tanpa alamat dan keterangan lengkap kemungkinan besar adalah situs online penipuan.

 

2. Produk Tidak Jelas

Sebelum memutuskan bergabung dengan bisnis online di internet,cek portofolio apa yang pernah mereka kerjakan mulai dari testimoni konsumen, kecepatan pengiriman, respon menjawab produk yang ditampilkan pada situs online itu. Cari tahu apakah gambar produk dan layanan benar asli milik pribad. Tanpa kejelasan, dapat dipastikan sebagai modus usaha bisnis online yang perlu Anda waspadai.

 

3. Harga Produk Lebih Murah dari Situs Online Lain

Penyebab konsumen tertipu adalah harga lebih murah dari toko lainnya. Jika harga sangat murah hingga mencapai setengah dari harga normal, jelas bahwa situs online tersebut sedang mencari cara mendapatkan korban. Carilah situs atau toko online yang memberi harga wajar dan masuk akal.

 

4. Menjanjikan Pendapatan yang Tidak Masuk Akal

Saat pemilik situs online menawarkan produk atau layanan dengan hasil pendapatanlebih dari 10 kali lipat modal awal, Anda wajib waspada. Situs usaha bisnis online tersebut hanya membutuhkan minimal 20 orang calon korban pendaftar, misal setiap pendaftar diharuskan membayar uang di awal sebesar Rp 500.000,- , kalikan dengan jumlah korban yang menjadi sasaran mereka.

 

5.Meminta Rekomendasi Orang Lain

Pertimbangkan konsultasi bersama teman Anda yang telah lama menjalankan bisnis usaha online. Mereka akan merekomendasikan toko online terpercaya berdasarkan pengalamannya. Meminta rekomendasi bukan berarti Anda harus mengikuti saran dari orang lain, lebih sebagai pertimbangan melakukan transaksi online guna terhindar dari penipuan.

 

Posted 2018-10-08 14:25 by Marcomm Gmedia Share
  news