Latency Sering Terjadi, Namun Apa Pengertian Latency? Berikut Penjelasannya!internetLatency Sering Terjadi, Namun Apa Pengertian Latency? Berikut Penjelasannya!

Latency Sering Terjadi, Namun Apa Pengertian Latency? Berikut Penjelasannya!

Latency adalah sinonim dari penundaan dalam konteks telekomunikasi. Latency rendah dikaitkan dengan pengalaman pengguna yang positif (UX) sementara latency tinggi dikaitkan dengan UX yang buruk. Dalam jaringan komputer, latency adalah ekspresi dari berapa banyak waktu yang dibutuhkan paket data untuk melakukan perjalanan dari satu titik ke titik lain. Idealnya, latency akan sedekat mungkin dengan nol.

Sedangkan latency jaringan dapat diukur dengan menentukan waktu perjalanan pulang pergi atau round-trip time (RTT) paket data untuk melakukan perjalanan ke suatu tujuan dan kembali lagi. Pada latency jaringan yang tinggi dapat memperlambat ketika memuat halaman web, mengganggu streaming video dan audio, dan membuat aplikasi tidak dapat digunakan.

Tergantung pada penggunaan dan pemilihan aplikasinya, bahkan peningkatan latency yang relatif kecil dapat merusak UX. Berikut ringkasan singkat dan penjelasan singkat bagaimana latency akan dapat berdampak besar pada jaringan! 

Pengertian Latency

Dalam jaringan, latency mengukur waktu yang diperlukan beberapa data untuk mencapai tujuannya di seluruh jaringan. Oleh karena itu latency adalah ukuran yang digunakan untuk mengukur penundaan yang terjadi. Biasanya diukur sebagai penundaan perjalanan pulang pergi yaitu waktu yang dibutuhkan informasi untuk mencapai tujuannya dan kembali lagi.

Penundaan perjalanan pulang pergi adalah ukuran penting karena komputer yang menggunakan jaringan TCP/IP mengirim data dalam jumlah terbatas ke tujuannya dan kemudian menunggu pemberitahuan kembali sebelum mengirim lagi. Dengan demikian, penundaan perjalanan pulang pergi memiliki dampak utama pada kinerja jaringan. Adapun satuan ukur latency adalah dalam milidetik (ms).

Penyebab Munculnya Latency

Latency dapat disebabkan oleh banyak hal, di antaranya adalah :

  • Latency dapat dipengaruhi oleh jenis media transmisi yang digunakan untuk mengirimkan data, suara, dan video. 
  • Ukuran paket besar membutuhkan waktu lebih lama untuk dikirim pulang pergi daripada paket kecil karena itu akan mempengaruhi latency yang terjadi.
  • Latensi juga dapat diperoleh ketika persentase paket yang tinggi yang gagal mencapai tujuannya atau terlalu banyak variasi waktu yang diperlukan beberapa paket untuk melakukan perjalanan dari satu sistem ke sistem lainnya. Apabila sinyal lemah dan harus didorong oleh repeater, ini dapat menyebabkan latensi sehingga kekuatan sinyal juga mengambil peran penting dalam latency.
  • Jika setiap node gateway harus meluangkan waktu untuk memeriksa dan mungkin mengubah header dalam sebuah paket.
  • Bila paket mengikuti pada penyimpanan dan penundaan akses hard disk pada perangkat perantara, seperti saklar, latency kemungkinan akan lebih tinggi. Ini tergantung pada komputer lain serta penundaan penyimpanan.

Latency akan minim terjadi dengan jaringan GMEDIA! Tak perlu khawatir dengan gangguan aktivitas bisnis-mu, jaringan yang stabil selalu menjadi andalan, GMEDIA memberikan banyak pilihan besaran bandwidth sesuai dengan kebutuhan pengguna, disertai dengan layanan fast respon Helpdesk on call 24 jam!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2024 PT Media Sarana Data. All rights reserved.