4 Komponen Utama Latency Jaringan dan Cara Mengatasinya!internet4 Komponen Utama Latency Jaringan dan Cara Mengatasinya!

4 Komponen Utama Latency Jaringan dan Cara Mengatasinya!

Komponen Utama Latency Jaringan

Umumnya latency diukur dalam milidetik (ms) dan tidak dapat dihindari karena cara jaringan berkomunikasi satu sama lain. Ini tergantung pada beberapa aspek jaringan dan dapat bervariasi jika ada yang diubah. Ada empat komponen utama yang mempengaruhi latency jaringan, termasuk:

1. Media transmisi

Jalur fisik antara titik awal dan titik akhir serta jenis media yang digunakan turut dapat mempengaruhi latency. Misalnya, jaringan berbasis kabel tembaga lama memiliki latency yang lebih tinggi daripada serat optik modern.

2. Propagasi

Semakin jauh jarak dua node, semakin banyak latency karena latency bergantung pada jarak antara dua node yang berkomunikasi. Secara teoritis, latency paket yang melakukan perjalanan bolak-balik di seluruh dunia adalah 133ms.

3. Router

Efisiensi di mana router memproses data yang masuk memiliki dampak langsung pada latency. Ini menyebabkan lompatan router ke router dapat meningkatkan latency.

4. Penundaan penyimpanan

Mengakses data yang disimpan dapat meningkatkan latency karena jaringan penyimpanan mungkin memerlukan waktu untuk memproses dan mengembalikan informasi.

Cara Mengatasi Latency

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memperbaiki latency tinggi jika mengalami masalah ini. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti dan terapkan :

  1. Matikan unduhan apapun, juga pastikan untuk memeriksa apa pun yang diunduh di latar belakang.
  2. Tutup semua aplikasi atau tab browser yang tidak digunakan.
  3. Periksa malware yang bisa saja menyebabkan bug di komputer yang juga akan menghabiskan sebagian besar bandwidth.
  4. Gunakan kabel Ethernet untuk menghubungkan perangkat Anda ke router atau modem, jika memungkinkan.
  5. Jika Anda tidak dapat menggunakan kabel Ethernet, Anda mungkin ingin membeli sistem Wi-Fi mesh, seperti Google Nest Wi-Fi.
  6. Perbarui firmware router dan modem Anda karena firmware usang bahkan dapat menyebabkan kecepatan internet yang lambat.
  7. Aktifkan fitur QoS router Anda dan setel untuk memprioritaskan perangkat atau aktivitas Anda.

Latency akan minim terjadi dengan jaringan GMEDIA! Tak perlu khawatir dengan gangguan aktivitas bisnis-mu, jaringan yang stabil selalu menjadi andalan, GMEDIA memberikan banyak pilihan besaran bandwidth sesuai dengan kebutuhan pengguna, disertai dengan layanan fast respon Helpdesk on call 24 jam!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2024 PT Media Sarana Data. All rights reserved.